Kompetisi Sains Madrasah 2016 Digelar di Pontianak

Jakarta, 16 Dzulqa’dah 1437/19 Agustus 2016 (MINA) – Kementerian Agama (Kemenag) RI mengadakan () Tingkat Nasional ke-5 2016 di Pontianak, Kalimantan Barat pada hari Selasa -Sabtu, 23-27 Agustus 2016.

Kompetisi tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini peserta KSM tidak hanya diikuti oleh siswa-siswi dari madrasah tetapi juga diikuti dari siswa-siswi sekolah umum.

“Kompetisi Sains Madrasah ini untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui perkembangan tumbuh daya, kreatifitas, dengan kompetisi yang sehat menjunjung tinggi sportifitas dan nilai-nilai Islam,” ujar Komaruddin Amin, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag saat konferensi pers di Kantor Kemenag Jakarta, Jumat (19/8).

KSM 2016 tidak hanya menjadi ajang meningkatkan kompetensi akademik, tetapi juga meningkatkan pengetahuan keagamaan, ini yang menjadi pembeda. Ia menambahkan, setiap materi yang dilombakan diberikan juga materi Agama Islam, setiap siswa tidak hanya menjawab soal-soal sains, tetapi juga soal-soal agama Islam.

“Ini ruang untuk melakukan aktualisasi siswa-siswi bakat minat dalam bidang sains,” tambahnya. Para peserta yang ikut KSM 2016 sudah terlebih dahulu diseleksi beberapa bulan sebelumnya.

Peserta KSM Tingkat Nasional tahun 2016 adalah 865 orang berikut pendamping dari seluruh provinsi di Indonesia. Kegiatan acara KSM antara lain, kompetisi sains dan agama Islam, surya game online cerdas cermat, matematika, workshop motivasi pengembangan diri, dan rembuk nasional bidang kesiswaan madrasah se-Indonesia. (L/M09/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.