Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Serentak Diadakan Besok

(Siswi madrasah. Foto: Kemenag)

Jakarta, 27 Sya’ban 1438/23 Mei 2017 (MINA) – Kementerian Agama (Kemeng) akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi pada Rabu (24/5) besok. Kegiatan tersebut akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Nur Kholis Setiawan  mengatakan para pemenang KSM tingkat provinsi ini nantinya akan mewakili daerahnya untuk mengikuti KSM tingkat nasional.

“Dengan demikian, KSM merupakan ajang kompetisi siswa madrasah yang amat bergengsi karena melibatkan seleksi dari tingkat kab/kota dan provinsi,” katanya di Jakarta, (23/5).

Menurut rilis pers yang disiarkan Kemenag, kompetisi ini diikuti oleh para siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) yang telah lolos pada seleksi tingkat Kabupaten/Kota.

Sementara itu, Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional sendiri akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 7-12 Agustus 2017 mendatang. Salah satu tujuan Kementerian Agama mengadakan KSM ini adalah untuk mencetak ilmuwan muslim yang profesional dan berkarakter.

Adapun bidang yang dilombakan pada KSM, di jenjang MI, terdiri dari: 1) Matematika dan Agama Islam, serta 2) IPA dan Agama Islam

Untuk tingkat MTs: 1) Matematika dan Agama Islam; 2) Biologi dan Agama Islam; serta 3) Fisika dan Agama Islam

Sedang untuk tingkat MA: 1) Matematika dan Agama Islam; 2) Fisika dan Agama Islam; 3) Biologi dan Agama Islam; 4) Kimia dan Agama Islam; 5) Ekonomi dan Agama Islam; serta 6) Geografi dan Agama Islam. (L/R08/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)