Konferensi ICIM Sepakat Bentuk Aliansi Media Muslim Internasional

Jakarta, 18 Sya’ban 1437/26 Mei 2016 () – Konferensi Internasional () pada sidang penutupan di Jakarta, Kamis (26/5), menyepakati dibentuknya Aliansi Media Muslim Internasional (International Muslim Media Alliance).

Direktur Lembaga Pemantau Middle East Monitor (MEMO) Daud Abdullah, yang juga sebagai pembicara pada acara tersebut mengatakan bahwa IMMA ini sangat penting bagi umat Islam.

Ia mengatakan, IMMA nantinya akan menjadi payung persatuan umat Islam, khususnya dalam hal pemberitaan terkait kondisi Islam.

“Umat Islam harus membentuk sebuah lembaga untuk menyatukan media. Nantinya, lembaga ini akan dijadikan sebagai salah satu wadah untuk menyatukan persepsi umat Islam. Termasuk dalam hal pemberitaan. Dengan adanya lembaga ini, nantinya akan ada persamaan bahasa, persamaan istilah-istilah bagi media-media Islam di seluruh dunia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Imam Masjid Al-Hikmah New York, Amerika Serikat (AS), Dr. Shamsi Ali mengatakan, umat Islam harus bersatu, karena persatuan adalah perintah Allah.

“Persatuan adalah suatu keniscayaan bagi kaum Muslimin, termasuk bersatu dalam hal pemberitaan tentang dunia Islam,” katanya seraya mengutip surat Ash-Shaff ayat 4.

Selain sebagai wadah untuk mempersatukan umat Islam, terbentuknya asosiasi ini juga untuk memperkuat media Islam sesuai dengan pokok ajaran Islam, pro aktif membela kepentingan Islam, kaum Muslimin, dan kemanusiaan. Asosiasi IMMA secara khusus menempatkan masalah perjuangan Palestina dan Al-Aqsha sebagai prioritas utama dalam pemberitaan.

Asosiasi juga bertugas mengembangkan kesadaran masyarakat internasional sebagai dukungan nyata terhadap Palestina dan Al-Quds Ashsharief, membangun jaringan kerjasama antar-media Muslim internasional.

Sekretariat permanen bertempat di Jakarta, sementara sekretariat tidak tetap akan ditempatkan di negara peserta anggota, di kawasan Palestina, Timur Tengah, Asia, Eropa, Australia, dan Amerika.

Pembentukan asosiasi ini dilatarbelakangi oleh adanya pemberitaan Palestina dan dunia Islam yang tidak berimbang. Demikian pula pemberitaan dunia Islam lebih banyak ditunjukkan pada gerakan umat Islam yang dianggap sebagai aksi teroris. Di sisi lain, nasib dan kondisi minoritas umat Islam di beberapa negara tertindas tanpa pembelaan berarti.

Untuk itu, dengan adanya konferensi ICIM ini dapat menjadi momen strategis di tengah semakin meningkatnya dukungan negara-negara di dunia terhadap kemerdekaan Palestina dan pembebasan Al-Quds Ashsharief serta dunia Islam pada umumnya, agar terwujud dunia yang berkeadilan dan berperadaban. (L/P011/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.