Konvoi Miles of Smiles Bawa Bantuan Medis untuk Gaza

Gaza, MINA – internasional membawa berbagai bantuan medis, seperti obat-obatan, perbekalan kesehatan, dan bahan lainnya.

Koordinator Miles of Smiles, Issam Youssef mengatakan dalam kunjungannya ke rumah sakit pelayanan publik di , Ahad (19/2/2023). Quds Press melaporkan.

“Bantuan diharapkan berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi penderitaan pasien di Jalur Gaza,” ujar Youssef.

Yousef menambahkan, bantuan dari sejumlah negara, seperti Yordania, Malaysia, Inggris, Belgia dan Swedia, tiba Rabu (15/2), setelah berkoordinasi dengan otoritas berwenang di pemerintah Mesir.

Otoritas Mesir memberikan persetujuan untuk masuknya konvoi, termasuk masuknya delegasi bantuan ke Jalur Gaza, sebagai kepedulian terhadap kemanusiaan.

Dia mengimbau lembaga pendukung dan donor untuk mengintensifkan upaya mereka membantu Palestina, terutama untuk warga di Jalur Gaza yang diblokade, mengingat kelangkaan semua sumber dukungan dan pendanaan dalam beberapa tahun terakhir.

Jalur Gaza mengalami blokade ketat selama 16 tahun oleh pendudukan Israel, dan pasukan mencegah masuknya obat-obatan dan bahan habis pakai medis, selain peralatan medis, yang mengakibatkan kematian sejumlah pasien.

Israel melarang masuknya perangkat medis, di antaranya sinar-X diagnostik biasa, kateter internal, selain banyak suku cadang perangkat yang rusak.

Konvoi pertama Miles of Smiles masuk ke Jalur Gaza pada 2009, dua tahun setelah pemberlakuan blokade Israel di Jalur Gaza. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.