KTT G20 Bali Hasilkan Deklarasi Bersama

KTT G20 Bali (foto: Humas Setpres RI)

Bali, MINA – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-17 yang digelar di Indonesia pada 15-16 November 2022 menghasilkan “G20 Bali Leaders’ Declaration”.

“Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” ujar Presiden RI Joko Widodo saat menutup rangkaian Presidensi G20 Indonesia, Rabu (16/11) di Bali.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pemimpin dan delegasi yang hadir serta memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

“Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi, sumbangan, pemikiran, dan kontribusinya bagi Presidensi G20 Indonesia,” ujar Presiden.

Selain deklarasi, ujar Presiden, Presidensi G20 Indonesia juga menghasilkan concrete deliverables yang berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan undangan.

“Proyek kerja sama inilah yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat, memastikan G20 bermanfaat, tidak saja untuk anggotanya namun juga bagi dunia, dan utamanya negara-negara berkembang. Let us recover together, recover stronger,” pungkasnya. (R/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)