KTT Sharm el-Sheikh: Mesir Tuan Rumah Pembicaraan Israel-Palestina Jelang Ramadhan

Sharm el-Shaikh. (Gambar: Pegasus)

Sharm el-Sheikh, MINA – Delegasi Palestina bertemu dengan pejabat Israel pada Ahad di Sharm el-Sheikh, Mesir sebagai tuan rumah, dengan partisipasi perwakilan dari AS, Mesir dan Yordania, untuk pembicaraan Israel-Palestina jelang Ramadhan.

Pertemuan hari Ahad (19/3/2023) datang sebagai tindak lanjut dari KTT yang ditengahi AS bulan lalu di Aqaba, Yordania.

Pertemuan berupaya untuk membahas langkah-langkah untuk mencegah eskalasi kekerasan lebih lanjut di Tepi Barat yang diduduki.

Pertemuan bilateral antara negara-negara peserta dijadwalkan akan diadakan di sela-sela KTT, kata seorang sumber kepada Al-Araby Al-Jadeed, berdasarkan dorongan AS yang bertujuan “menyelamatkan apa yang bisa diselamatkan, dan memperkuat koordinasi keamanan.”

Langkah itu dilakukan, meskipun Israel gagal mematuhi hasil KTT Aqaba, di mana Tel Aviv berjanji untuk mengurangi dan menghentikan kekerasan di Tepi Barat yang diduduki.

Kekerasan sering meningkat selama bulan suci umat Islam – khususnya di Yerusalem – karena pemukim Yahudi Israel secara teratur menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa. Sementara pasukan Israel meningkatkan agresi mereka terhadap jamaah Muslim di tempat suci tersebut. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.