Kuasai Jalan Utama, Pasukan Koalisi Arab Putus Akses Hodeidah-Sanaa

Hodeidah, MINA – Pasukan Yaman yang didukung oleh koalisi pimpinan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) berhasil merebut jalan utama penghubung Hodeidah ke ibu kota Sanaa, dua kota utama yang dikuasai oleh oposisi bersenjata Houthi, Kamis (13/9).

“Pintu masuk utama di Hodeidah yang mengarah ke Sanaa telah ditutup setelah pasukan yang didukung oleh UEA menguasai jalan,” kata sumber militer pro-koalisi kepada kantor berita Reuters, demikian yang dikutip dari Al Jazeera.

Penduduk mengatakan, gerbang timur utama kota itu telah rusak dalam serangan udara dan pertempuran berlanjut di jalan-jalan sekunder dari jalan utama.

Dokter dan petugas medis di dua rumah sakit di provinsi Hodeidah mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa 50 orang telah tewas dalam 24 jam terakhir.

Para pejabat setempat mengatakan, ratusan warga sipil meninggalkan rumah mereka di Hodeidah untuk menyelamatkan diri dari pertempuran.

Pertempuran di Hodeidah meningkat setelah runtuhnya perundingan yang disponsori PBB di Jenewa pekan lalu, setelah delegasi Houthi gagal muncul. (T/RI-1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)