Lafaz Doa Qunut Nazilah Saat Wabah Melanda

Oleh Ali Farkhan Tsani, Da’i Pesantren Al-Fatah Bogor, Jawa Barat

Qunut Nazilah adalah bacaan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam, dibaca setelah rukuโ€™ (iโ€™tidal) pada rakaat terakhir dalam shalat.

Qunut Nazilah dibaca pada saat ada peristiwa penindasan yang menimpa kaum Muslimin, dengan tujuan untuk menyingkirkan atau melenyapkan penganiayaan musuh, atau untuk menyingkirkan bala (bencana), termasuk saat terjadi wabah penyakit mematikan, termasuk corona.

Qunut Nazilah dilaksanakan selama satu bulan di seluruh shalat fardhu, seperti disebutkan dalam hadits dari Anas bin Malik:

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู‚ูŽู†ูŽุชูŽ ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ูŠูŽู„ู’ุนูŽู†ู ุฑูุนู’ู„ุงู‹ ูˆูŽุฐูŽูƒู’ูˆูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุนูุตูŽูŠู‘ูŽุฉูŽ ุนูŽุตูŽูˆูุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู

Artinya: โ€œNabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam telah melakukan qunut selama sebulan untuk melaknat Riโ€™lan, Dzakwan dan โ€˜Ushayyah yang telah melakukan maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya (HR Muttafaq โ€˜Alaih).

Adapun contoh lafaz Doa Qunut Nazilah yang dibaca saat wabah melanda, termasuk mewabahnya pandemi virus corona saat ini. Doa ini bisa juga dibaca saat berdoa di luar qunut nazilah, seperti setelah shalat atau waktu-waktu lainnya.

Di antara lafaz doanya, seperti disampaikan Imaamul Muslimin KH Yakhsyallah Mansur, MA adalah :

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูƒู’ุดููู’ ุนูŽู†ู‘ูŽุง ุงู„ุบูŽู„ุง ูˆูŽุงู„ูˆูŽุจูŽุงุก ูˆูŽุงู„ุฒู‘ูŽู„ุงุฒูู„ูŽ ูˆูŽุงู„ู…ูุญูŽู†ูŽ ู…ูŽุง ุธูŽู‡ูŽุฑูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ูˆูŽู…ุง ุจูŽุทูŽู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุจูŽู„ูŽุฏูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุฎูŽุงุตู‘ูŽุฉู‹ ูˆูŽู…ูู†ู’ ุจูู„ู’ุฏูŽุงู†ู ุงู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉ

ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุฆู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑ ูˆูŽุจูุงู„ู’ุฅูุฌูŽุงุจูŽุฉู ุฌูŽุฏููŠู’ุฑ

ูˆูุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุงูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุงูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู ุงูŽุฌู’ู…ูŽุนููŠู’ู† ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†.

Artinya: โ€œYa Allah hindarkanlah kami dari harga-harga yang mahal, wabah, gempa, dan musibah-musibah lainnya, baik yang tampak atau yang tersembunyi, di negeri kami pada khususnya dan di negeri-negeri kaum Mukminin pada umumnya.

Sungguh Engkau Maha Kuasa atas sgala sesuatu dan Yang Maha Layak Mengabulkan doa.

Semoga shalawat dan salam-Mu selalu tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya semua. Segala puji bagi Allah, Rabb smesta alam.โ€

Jika imam shalat berjamaah membaca doa Qunut Nazilah, maka para makmum hendaknya mengaminkannya. Seperti disebutkan dalam hadits dari Ibn โ€˜Abbas :

ู‚ูŽู†ูŽุชูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุดูŽู‡ู’ุฑู‹ุง ู…ูุชูŽุชูŽุงุจูุนู‹ุง ูููŠ ุงู„ุธู‘ูู‡ู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ูˆูŽุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจู ูˆูŽุงู„ู’ุนูุดูŽุงุกู ูˆูŽุตูŽู„ูŽุงุฉู ุงู„ุตู‘ูุจู’ุญู ูููŠ ุฏูุจูุฑู ูƒูู„ู‘ู ุตูŽู„ูŽุงุฉู ุฅูุฐูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู„ูู…ูŽู†ู’ ุญูŽู…ูุฏูŽู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽูƒู’ุนูŽุฉู ุงู„ู’ุขุฎูุฑูŽุฉู ูŠูŽุฏู’ุนููˆ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงุกู ู…ูู†ู’ ุจูŽู†ููŠ ุณูู„ูŽูŠู’ู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูุนู’ู„ู ูˆูŽุฐูŽูƒู’ูˆูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุนูุตูŽูŠู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽูŠูุคูŽู…ู‘ูู†ู ู…ูŽู†ู’ ุฎูŽู„ู’ููŽู‡ู

Artinya: โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam telah melakukan qunut selama sebulan terus-menerus pada waktu shalat Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isyaโ€™ dan shalat Subuh di penghujung setiap shalat, ketika Rasulullah mengucapkan, โ€˜Samiโ€™allahu liman hamidahโ€™ dari rakaat yang terakhir. Rasulullah melaknat kampung Bani Sulaim, Riโ€™lin, Dzakwan, Ushayyah dan diamini oleh makmum di belakang baginda shalalahu alaihi wasallam.โ€ (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Semoga Allah melindungi kita semua dari segala penyakit yang membahayakan. Aamiin. (A/RS2/P1)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.