Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebanon Hadapi Gelombang Baru Pengungsi Suriah

Rudi Hendrik - Rabu, 6 September 2023 - 16:40 WIB

Rabu, 6 September 2023 - 16:40 WIB

3 Views

Kamp pengungsi Suriah di Lebanon. (Foto: dok. AA)

Beirut, MINA – Lebanon menghadapi gelombang baru pengungsi Suriah melalui titik penyeberangan informal di bagian utara wilayahnya.

Lebanon saat ini telah menampung sekitar satu setengah juta hingga dua juta pengungsi Suriah yang meninggalkan negara mereka setelah pecahnya konflik di sana pada tahun 2011.

Gelombang masuk pengungsi Suriah terbaru dimulai sekitar tiga pekan lalu, surat kabar Lebanon Al-Akhbar melaporkan pada Selasa (5/9), dengan peningkatan jumlah pengungsi yang menyeberang dalam beberapa hari terakhir.

Al-Akhbar mengatakan bahwa tentara Lebanon telah mencegah 850 warga Suriah menyeberang secara ilegal pada pekan terakhir bulan Agustus, dan menghentikan 1.100 orang untuk menyeberang pada pekan lalu.

Baca Juga: Jamaah Ashabul Kahfi Australia Doa Bersama untuk Ulama Aceh Tu Sop

Situs Al-Modon mengatakan bahwa faktor ekonomi seperti kenaikan harga dan memburuknya kondisi kehidupan di Suriah merupakan penyebab masuknya pengungsi baru-baru ini.

Dikatakan juga bahwa protes baru terhadap rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah juga berperan.

Al-Modon menambahkan bahwa banyak dari mereka yang datang ke Lebanon bermaksud melakukan perjalanan berbahaya ke Eropa melalui laut, dan mengatakan bahwa perjalanan migran ke Eropa telah meningkat dari Lebanon dalam beberapa bulan terakhir.

Al-Akhbar mengatakan, tentara Lebanon praktis tidak mampu membendung meningkatnya jumlah pengungsi Suriah yang masuk ke negara itu secara ilegal.

Baca Juga: Lima Orang Tewas Imbas Kekerasan Etnis di Manipur India

Menteri Pengungsi Lebanon, Issam Sharaf Al-Din mengatakan kepada Al-Akhbar bahwa pemerintah sementara Lebanon “tidak serius dalam menemukan solusi jangka panjang terhadap krisis ini”. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Israel Sengaja Targetkan Aktivis Turkiye-Amerika

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Internasional
Internasional
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto (foto: Humas Kemenko Polhukam)
Indonesia