Lebanon-Israel Lanjutkan Pembicaraan Perbatasan Laut

Beirut, MINA – Delegasi Lebanon kembali melanjutkan pembicaraan negosiasi dengan pihak Israel tentang perbatasan wilayah laut seluas 2.290 km persegi, dalam putaran keempat di markas UNIFIL di Ras Al-Naqoura, Lebanon selatan, Rabu (11/11).

Perwakilan dari pemerintah Israel dan Lebanon mengadakan pembicaraan produktif yang dimediasi oleh Amerika Serikat dan diselenggarakan oleh Kantor Koordinator Khusus PBB untuk Lebanon (UNSCOL). Arab News melaporkan.

Amerika Serikat dan UNSCOL berharap negosiasi ini akan menghasilkan resolusi yang telah lama ditunggu.

Para pihak berkomitmen untuk melanjutkan negosiasi pada awal Desember, ”kata pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Kantor Koordinator Khusus untuk Lebanon.

Sesi negosiasi disertai dengan tindakan pengamanan yang ketat di darat dan di laut oleh tentara Lebanon dan pasukan UNIFIL, yang mensponsori negosiasi melalui mediasi AS. Tanggal sesi kelima ditetapkan setelah 20 hari.

Pihak Lebanon, menurut informasi menghitung area seluas 2.290 km persegi, sementara pihak AS menetapkan dalam mediasinya area seluas 860 km persegi untuk merundingkannya, dan pihak Israel menyetujui.

Kawasan ini berada di Blok No 9 yang kaya akan minyak dan gas. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)