Lembaga Tahfidzul Quran Ponpes Al-Fatah Adakan Musabaqoh Hifdzil Quran

Bandar Lampung, MINA – Lembaga Tahfidzul Quran Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah mengadakan Musabaqoh Hifdzil Quran (Perlombaan Hafalan Quran) pada Selasa-Kamis di Aula At-Taqwa, Komplek Ponpes Al-Fatah, Muhajirun, Lampung Selatan.

Ketua Pelaksana MHQ, Muslihatul Istiqomah saat ditemui MINA, Kamis (31/1) mengatakan, kegiatan Musabaqoh diadakan sebagai penunjang pengontrolan dan pembimbingan dalam mempertahankan prestasi kelancaran hafalan.

“Moment seperti ini bisa jadi sebagai pemicu untuk lebih semangat dalam menghafal dan muraja’ah bagi para hafidz (penghafal Quran),” katanya.

Tidak hanya hafalan, Tartil Quran (Baca Indah Quran) pun dilombakan dengan Lembaga Halaqoh Diniyyah turut berpatisipasi menjadi peserta.

Sebanyak 113 santri dari jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) dari Lembaga Tahfidzul Quran dan Halaqoh Diniyyah mengikuti perlombaan tersebut.

Golongan juz yang menjadi kriteria pun berbeda-beda, mulai dari 1, 3, 5, 10, 15 hingga 20 juz.

Muslihatul juga mengatakan, Tahfidzul Qur’an merupakan wadah para santri untuk menghafal dalam misi penjagaan Al-Quran dan mencetak kader serta generasi Qur’ani.

“Maka dari itu kegiatan ini diadakan, sebagai salah satu cara menjaga hafalan,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini akan mempererat tali silaturahmi dan bisa memotivasi para santri untuk menyelesaikan hafalannya.

“Sehingga bisa melahirkan generasi para Hafidz yang berkualitas tidak hanya di lingkup pesantren, tetapi bisa terkenal hingga penjuru dunia, Insya Allah,” pungkasnya.(L/iss/ich/B01/RS1).

Mi’raj News Agency (MINA)