Liga Arab: Mendukung Palestina Adalah Prioritas Utama

Kairo, MINA – Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmad Abu Al-Ghait, menekankan pentingnya memberikan bantuan kepada Palestina dalam menghadapi berlanjutnya blokade Israel terhadap ekonomi Palestina dan konsekuensi pandemi corona.

Abu Al-Ghit dalam sebuah pidato pada Kamis (3/9) sebelum sesi ke-106 Dewan Ekonomi dan Sosial Liga Arab menjelaskan, mendukung ekonomi Palestina adalah prioritas utama terutama dalam hal  krisis keuangan berkelanjutan yang sedang dialami oleh Negara Palestina.

“Blokade brutal yang diberlakukan oleh otoritas pendudukan Israel dan kebijakan sewenang-wenangnya bertujuan merusak ekonomi Palestina dan mencabut hak fundamental mereka untuk pembangunan Palestina,” kata Abu Al-Ghit seperti dikutip Palinfo.

Sementara, terkait pandemi corona dan ketahanan pangan Arab, Abu Al-Ghait menekankan bahwa negara-negara Arab perlu memikirkan masa depan untuk menarik pelajaran dengan mengatasi kerentanan dan kelemahan yang ditimbulkan oleh krisis.

Dia menekankan pentingnya berbagi pengalaman, dengan mengatakan bahwa wilayah Arab masih mengalami kesenjangan pangan terbesar di dunia dan indikator kemiskinan multi-dimensi terus meningkat.

Ia juga mencontohkan konsekuensi bencana yang menimpa ibu kota Lebanon menyusul ledakan pelabuhannya yang menambah beban krisis ekonomi Lebanon.

Dia memuji negara-negara Arab yang mengambil inisiatif untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan medis yang mendesak kepada rakyat Lebanon. (T/R12/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.