Liga Muslim Dunia Ingin Gelar Dialog Antar Umat Beragama di Indonesia

Menag terima audensi Kepala Kantor Rabithah ‘Alam Islami ASEAN dan Australia di Jakarta, Rabu (22/6/2022).(Foto: Kemenag RI)

Jakarta, MINA – Perwakilan Rabithah ‘Alam Islami () melalui Kepala Kantor Liga Muslim Dunia untuk ASEAN dan Australia, Syaikh Abdurachman Alkhayyat menyampaikan keinginannya untuk menggelar dialog antar umat beragama di Indonesia.

“Kita tahu Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang beragam agama, dengan mayoritas muslimnya. Dan di Indonesia semua berjalan aman dan damai. Karena itu kami ingin membuat dialog antar umat beragama yang dilaksanakan di Indonesia,” ungkap Syeikh Abdurachman kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Rabu (22/6).

Dalam rilis , Syaikh Abdurachman berharap pemerintah Indonesia melalui Kementerian agama dapat mendukung dan memberi arahan terkait rencana tersebut.

Menteri Agama menyambut baik niatan Liga Muslim Dunia untuk menggelar dialog antar umat beragama di Indonesia. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan apa yang sedang Kementerian Agama perjuangkan terkait penguatan moderasi beragama.

“Kami sangat senang sekali dengan niatan ini. memang harus menunjukkan wajah damainya, karena memang itulah wajah Islam sesungguhnya, dan inilah momentum yang baik yang bisa kita sampaikan pada acara tersebut,” ungkapnya.

Gus Men juga mengatakan, apa yang diperjuangkan Liga Muslim Dunia pada dasarnya sejalan dengan program Kementerian Agama agar Islam sebagai agama mayoritas di Indonesia menjadi agama yang memberikan kasih sayang kepada seluruh alam tanpa mendiskreditkan agama lainnya.

Menurutnya, acara itu juga sangat relevan seiring keberadaan Indonesia yang saat ini menjadi tuan rumah G20. Puncak acara G20 akan berlangsung pada Oktober mendatang. Gus Men berharap kegiatan itu dapat dilaksanakan dan menjadi rangkaian G20.

“Itu bisa menjadi momentum kita untuk menunjukkan pada dunia, bahwa Indonesia dengan segala keanekaragaman budaya dan agamanya mampu berjalan damai dan penuh toleransi,” ungkapnya.

Mendapat sambutan baik, Syaikh Abdurachman Alkhayyat mengungkapkan terima kasih dan akan menyampaikannya kepada Sekjen Liga Muslim Dunia. “Saya senang sekali mendapatkan lampu hijau. Saya akan pastikan sekjen Liga Muslim dunia akan hadir,” ungkapnya.

Ia pun yakin, bahwa Indonesia merupakan negara yang mampu menjadi contoh bagi negara lain tentang penerapan toleransi dalam keberagaman. “Saya yakin Indonesia bisa menjadi simbol Kerukunan beragama dunia,” pungkasnya. (R/R1/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.