Lima Planet Terang Reuni Di Langit Dinihari

Lima planet berbaris di langit diniharii
berbaris di langit dinihari

Tanjung Canaveral, AS, 12 Rabiul Akhir 1437/22 Januari 2016 (MINA) – Lima planet tetangga terdekat Bumi akan mempersembahkan acara tampil bersama di langit dini hari mulai pekan ini.

Mereka adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus. Ini pertama kalinya mereka berkumpul seperti ini dalam lebih dari satu dekade, demikian laporan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) mengutip SPA, yang menyiarkan berita ini Jumat.

Tak perlu teleskop untuk melihat penampilan mereka, cukup menatap dengan mata telanjang dari mana saja.

Kelima planet akan muncul bersama-sama sampai 20 Februari. Waktu terbaik untuk menyaksikan Merkurius adalah pekan depan atau awal Februari.

Para menyatakan waktu optimal untuk berjumpa dengan mereka adalah 45 menit sebelum matahari terbit.

Penampakan awal Merkurius akan berada di posisi rendah di atas .  Kelima planet akan bersama-sama lagi pada Agustus, dan lagi pada 2020, tetapi Merkurius akan lebih sulit sulit untuk dilihat.

Venus dan Jupiter yang akan mudah dilihat dan menjadi obyek paling terang di langit, demikian menurut Prof Fred Watson dari Observatorium Astronomi Australia. Mars juga mudah dikenali karena warnanya yang kemerahan.

Pecinta benda-benda langit akan mendapatkan kesempatan lain untuk melihat pemandangan itu pada Agustus. Hanya saja kali ini di sisi lain dari matahari.

Ini berarti mereka akan terlihat hanya setelah matahari terbenam ketimbang sebelum matahari terbit. Pertunjukan benda-benda langit seperti ini tidak akan terjadi lagi sampai 2018. (T/R07/P2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.