Lobi Pro-Yahudi AIPAC Diprotes di Hebron dan Washington

Hebron, 28 Jumadil Akhir 1438/ 27 Maret 2017 (MINA) – Sebuah menentang kelompok lobby pro Yahudi, , berlangsung Ahad (26/3)  di Hebron, selatan Tepi Barat yang diduduki Israel, bersamaan dengan berlangsungnya konferensi tahunan kelompok lobby itu  di Washington DC, Amerika Serikat.

AIPAC adalah sebuah kelompok lobby pro Israel di Amerika Serikat yang memperjuangkan kepentingan Israel pada Pemerintah AS, lembaga-lembaga perwakilan rakyat (Senat, Kongres).

Demonstrasi serupa juga terjadi di luar gedung tempat diselenggarakannya Konperensi AIPAC di Amerika Serikat, demikian Ma’an News yang dikutip MINA, Senin (27/3).

Pengunjuk rasa di Hebron membawa bendera-bendera  Palestina, menyerukan pembubaran AIPAC dan mengutuk kegiatannya di Israel dan di wilayah Palestina yang diduduki Israel. Pasukan Israel bersenjata mencoba menghalangi pengunjuk rasa.

Hisham Sharabati, koordinator Komite Pertahanan Hebron, mengatakan kepada Ma’an News dikutip MINA, Senin, protes ini diselenggarakan untuk mengutuk dukungan lobi pro-Israel AIPAC  pada rezim “kolonial dan rasis” Israel dan pada pendudukan Israel di wilayah Palestina yang melanggar hukum internasional.

Badi Dweik, seorang aktivis dengan kelompok Pembela Hak Asasi Manusia, mengatakan sudah saatnya AIPAC untuk berhenti mendukung aksi Israel lainnya seperti pemisahan Kota Tua di Hebron, terutama di lingkungan Tel Rumeida dan Shuhada Street.

Dipaparkan 800 pemukim Israel yang terkenal agresif sekarang hidup di bawah perlindungan militer Israel di Kota Tua, dikelilingi oleh lebih dari 30.000 warga Palestina. Adapun warga Palestina ini terancam oleh kehadiran militer Israel setiap hari, ada pula setidaknya 20 pos pemeriksaan di pintu-pintu  masuk Kota Tua, serta pada pintu masuk Masjid Ibrahimi.

Sementara itu, perwakilan dari Komite Melawan Tembok dan Permukiman Yunis Arrar menyampaikan apresiasi atas solidaritas aktivis Amerika pro Palestina, yang dibuktikan dengan partisipasi mereka dalam protes di Hebron – serta dalam demonstrasi di Washington, DC di luar gedung konferensi AIPAC. (T/R12/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Admin

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.