LPPOM MUI Bersama IAI Selenggarakan Sertifikasi Halal Obat

Catleya, Perwakilan pengurus daerah IAI mengungkapkan, bahwa topik yang diangkat dipilih berdasarkan hasil survei oleh anggota IAI dan rekan produsen obat.

“Topik webinar Sertifikasi Halal Obat pada hari ini penting bagi kami untuk untuk dibahas,” kata Catleya dalam siaran pers, di Bandung, Jumat (15/4).

Ia mengatakan, kegiatan ini sesuai program Pemerintah dalam menjalankan amanah Undang-Undang Jaminan Produk Halal dalam sertifikasi halal produk yang beredar di Indonesia, khususnya obat-obatan

Sementara Direktur Pelayanan Audit & Halal Partnership LPPOM MUI, Dr. Ir. Muslich memberikan penjelasan terkait dengan persyaratan sertifikasi halal obat.

“Sertifikasi halal bagi industri farmasi dapat dilakukan terhadap produk obat, suplemen, produk biologi, alat kesehatan, maupun jasa yang menangani, misalnya jasa penyimpanan, distribusi dan penjualan produk farmasi (apotek),” tuturnya.

Selain halal, kata Muslich, obat yang diedarkan di Indonesia wajib memiliki izin edar dan memenuhi cara pembuatan dan distribusi obat yang baik.

“Para peserta tertarik tentang persyaratan sertifikasi halal seperti persyaratan penggunaan etanol pada produk farmasi, kualifikasi personil,” ujarnya.

Muslich mengatakan, pemastian pemenuhan persyaratan bila ada penggunaan bahan turunan babi pada bahan di laboratorium pengujian, serta berbagi pengalaman terhadap tantangan yang dihadapi dalam pemrosesan sertifikasi halal saat ini.

LPPOM MUI menawarkan berbagai program yang dapat mengakomodir kebutuhan pelaku usaha dalam kegiatan sertifikasi halal produk maupun jasa sesuai dengan regulasi pemerintah Indonesia.

Dra. Rera Rachmawati Apt. dari Balai Besar POM menjelaskan, kebijakan dan pengawasan penjualan obat secara virtual.

Hadir dari Himpunan Seminar Farmasi Industri untuk menjelaskan kesiapan industri farmasi dalam memenuhi sertifikasi obat halal.

Pemaparan dilanjutkan dengan diskusi interaktif bersama para peserta yang merupakan apoteker dan pelaku usaha memproduksi produk farmasi. (R/R4/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.