LPPOM MUI Melatih Kader Dai Halal

Bogor, MINA – Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) terus melakukan sosialisasi dan edukasi halal ke masyarakat. Salah satunya dengan menggelar Training of Trainer (ToT) pada 2–3 Februari 2019 di Gedung Global Halal Centre, Bogor, Jawa Barat.

ToT merupakan pelatihan yang ditujukan kepada para pendakwah serta masyarakat yang peduli dan turun aktif dalam mensosialisasikan halal ke masyarakat luas, baik melalui online maupun offline.

Program ini akan terus dilaksanakan secara regular di seluruh Indonesia. Kali ini, ToT diikuti oleh berbagai perwakilan komunitas halal dari perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Perbanas Institute, Institut STIAMI Jakarta, FEB UIN Jakarta, Bina Sarana Informatika (BSI), IWAPI Kota Bogor, Indonesia Banking School (IBS), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Materi yang diangkat dalam program tersebut, yaitu halal haram, kebijakan dan sertifikasi halal, 11 kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH), titik kritis bahan, serta motivasi dan pendampingan sosialisasi halal.

“Terima kasih kepada LPPOM MUI karena telah menyelenggarakan program ini. ToT membuka wawasan baru kami tentang halal,” ungkap dr. Detty H. Agustono sebagai Wakil Direktur P3M IBS.

Pada kesempatan ini, LPPOM MUI menyerahkan sertifikat halal kepada Bapak Suwaryono. Dia adalah seorang pedagang gorengan di kawasan Air Mancur, Bogor, Jawa Barat. Fasilitas sertifikasi halal gratis diberikan sebagai bentuk kepedulian LPPOM MUI terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sertifikat halal diserahkan oleh Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim didampingi pegiat halal Marissa Haque. (T/R03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)