Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mahasiswa Gaza Lanjutkan Perkuliahan di Tengah Perang

sri astuti Editor : Rudi Hendrik - Ahad, 18 Agustus 2024 - 21:52 WIB

Ahad, 18 Agustus 2024 - 21:52 WIB

11 Views

Universitas Al-Azhar Gaza sebelum dan sesudah Israel mengebom institusi tersebut. (Sumber: MEMO)
Universitas Al-Azhar Gaza sebelum dan sesudah serangan Israel. (Foto: MEMO)

Gaza, MINA – Di tengah perang, pengungsian, dan pemboman brutal, Aya Sami bersikeras berjuang dan melanjutkan studinya, meskipun keadaan mengerikan disebabkan oleh perang pemusnahan Israel di Jalur Gaza.

Aya, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Gaza, melanjutkan studinya di universitas melalui platform elektronik.

Dia mengatakan kepada Palestinian Information Center, “Meskipun dalam kondisi perang, pemadaman listrik, dan pemadaman internet, kami berjuang dalam studi kami untuk mendapatkan nilai tertinggi meskipun ada kehancuran.”

Universitas Islam di Gaza dan universitas-universitas lain telah beralih ke perkuliahan online melalui platform elektronik, dalam upaya untuk memberikan kompensasi kepada mahasiswa atas apa yang mereka lewatkan dan untuk melanjutkan proses pendidikan meskipun universitas-universitas tersebut hancur.

Baca Juga: Mantan Komandan Tentara Israel: Kita Harus Segera Tinggalkan Gaza

Pendidikan adalah senjata kami

Aya menambahkan, “Ibu kota Palestina adalah pendidikan, karena orang Palestina tidak ada nilainya tanpa pendidikan, karena ini adalah senjata yang kami gunakan bersama dengan senjata kemauan.”

Menurut laporan Kantor Media Pemerintah di Gaza, pendudukan telah menghancurkan 121 sekolah dan universitas, dan merusak sebagian 333 sekolah, serta membunuh lebih dari 120 profesor dan cendekiawan selama perang pemusnahan di Jalur Gaza.

Ribuan siswa juga menjadi martir, dan yang lainnya ditangkap selama perang pemusnahan yang sedang berlangsung, yang telah membuat siswa kehilangan satu tahun penuh akademik, dan prospek untuk tahun kedua masih belum jelas.

Baca Juga: Hezbollah Targetkan Serang Situs Militer Galilea dengan Puluhan Roket

Hambatan

Proses perkuliahan online tidak berjalan lancar karena terdapat beberapa kendala antara lain tidak adanya internet dan listrik, serta keharusan siswa keluar rumah untuk mencari tempat yang memiliki internet dan listrik.

Mahasiswa Khalil Abu Hattab dari Deir Al-Balah, yang belajar teknik di Universitas Al-Azhar, mengatakan dia harus pergi ke kafe yang berjarak 3 kilometer dari rumahnya, dan menambahkan, “Internet lemah dan saya hampir tidak dapat mengunduh satu kelas pun.”

Dia mengatakan kafe tersebut mengenakan biaya 10 shekel per jam, yang menunjukkan bahwa ini adalah masalah yang melelahkan secara finansial.

Baca Juga: Israel Bebaskan Tahanan Palestina, Ada Bekas Penyiksaan 

“Kami terpaksa melakukan hal tersebut, karena kondisi kami lebih buruk dibandingkan semua siswa di dunia, kami menderita demi mendapatkan gelar,” tambahnya.

Di sebuah tenda di pinggiran Khan Yunis, mahasiswa Alaa El-Din Yusuf duduk dengan putus asa dan berkata, “Universitas saya telah mengadopsi e-learning, dan sampai sekarang saya memerlukan laptop dan ponsel pintar, hal-hal yang dicegah oleh pasukan pendudukan memasuki Jalur Gaza.”

39.000 siswa dari Jalur Gaza dilarang mengikuti ujian umum menengah, yang hasilnya telah diumumkan, dan mereka seharusnya sedang dalam proses mendaftar di universitas dan mempersiapkan tahun ajaran baru.

Desakan universitas-universitas dan mahasiswa untuk melanjutkan studi, bahkan dalam skala minimal, mencerminkan tekad rakyat Palestina untuk tetap berpegang teguh pada kehidupan dan harapan masa depan, terlepas dari kesulitan yang ditimbulkan oleh agresi Israel. []

Baca Juga: Yahya Sinwar Kirim Surat kepada Pemimpin Hezbollah

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Ben-Gvir Pimpin Penyerbuan di Kota-Kota Komunitas Arab

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
MINA Preneur
Palestina