Mahasiswa Muslim Kanada Gelar Pekan Kesadaran Islam

ilustrasi. Foto: The Conversation

Calgary, Kanada, MINA – Afialisi Mahasiswa  Muslim di Universitas Mount Royal Calgary, Kanada, menggelar kegiatan Pekan Kesadaran Islam yang dimulai sejak tanggal 20 hingga 24 Januari 2020.

Kegiatan itu merupakan cara para mahasiswa di Mount Royal University di Calgary memerangi dengan mendidik diri mereka sendiri dan orang lain tentang Islam.

Hadir sebagai pembicara pembuka adalah Wakil Editor situs berita Muslim 5 Pillars Dilly Hussain.

Ia mengatakan, telah melihat peningkatan Islamofobia di Eropa dan Amerika Serikat, demikian dikutip dari laman globalnews, Kamis (23/1).

“Jika ada sentimen yang berkembang di kalangan non-Muslim di dunia Barat yang dipercayai oleh kaum Muslim tentang x, y dan z atau mereka menemukan ritual atau kepercayaan tertentu bermasalah atau bertentangan dengan nilai-nilai liberal sekuler, maka kita perlu melakukan dialog,” kata Hussain.

Ia berharap lebih banyak orang yang mulai melakukan dialog antarumat beragama.

Dalam presentasinya itu, Hussein berfokus pada Muslim untuk menjadi lebih vokal, terutama selama masa politik lemah. Ia menilai, situasinya tidak menjadi lebih baik.

“Jadi hal terbaik untuk dilakukan adalah tidak hanya berada di dalam saja. Anda benar-benar perlu berada di luar sana dan berinteraksi,” ujarnya.

Ceramah yang menampilkan para cendekiawan dengan pengalaman kehidupan nyata tentang memerangi islamofobia ini digelar sepanjang pekan di Jenkins Theatre di universitas tersebut. Salah satu topik yang akan dibahas adalah soal pembakaran Al-Quran dan jihad.

Kanada, negara paling utara di Amerika Utara, dengan penduduk lebih dari 35 juta, menjadi kawasan Muslim yang berkembang cukup pesat.

Survei menunjukan populasi Muslim berjumlah lebih dari 1 juta atau sekitar 3 persen. Badan Statistik Kanada tahun 2013 mencatat populasi muslim tumbuh melebihi agama lain. (T/R6/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.