Mahasiswa Muslim Nigeria Terima Penghargaan Bergengsi dari Universitas AS

Saidat Rasaq Balogun, mahasiswa asal Nigeria menerima penghargaan dari Southern Illinois University (SIU). (Foto: The Guardian Nigeria News)

Illinois, MINA, MINA – Saidat Rasaq Balogun, seorang mahasiswa Nigeria di Southern Illinois University (SIU) Amerika Serikat, menerima Penghargaan Mahasiswa Terhormat yang bergengsi atas prestasi akademisnya yang luar biasa dan dedikasinya terhadap studinya.

Balogun yang sebelumnya merupakan mahasiswa kelas satu di Federal University of Technology Akure (FUTA), menorehkan prestasi luar biasa di universitas tersebut sebagai guru, peneliti, dan sukarelawan. Dia saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Dewan Mahasiswa Internasional SIU, demikian dikutip dari The Guardian Nigeria News, Selasa (4/6).

Melayani mahasiswa internasional adalah bagian penting dari kehidupan Balogun di SIU.

“Di kampus, dia bekerja dengan berbagai organisasi yang fokus membantu mahasiswa internasional dan Afrika,” kata Presiden Sistem SIU, Dan Mahony.

Baca Juga:  ICAN: Israel Punya 90 Hulu Ledak Nuklir

Pelayanan Balogun bahkan meluas hingga ke rumahnya, di mana ia sering menyediakan tempat tinggal sementara bagi mahasiswa internasional saat mereka tiba atau jika mereka menghadapi tantangan.

“Dia menjadikan inklusivitas sebagai prioritas utama saat mengambil inisiatif untuk memastikan bahwa pelajar internasional dapat menemukan komunitas saat mereka berada di SIU,” kata Mahony.

Balogun saat ini berada di tahun ketiganya di Departemen Sumber Daya dan Kebijakan Lingkungan, di kampus Carbondale SIU.

Penelitian PhD-nya bertujuan untuk mendapatkan wawasan tentang perubahan historis dan proyeksi masa depan pada musim hangat dan tekanan panas di Amerika Serikat Bagian Barat Tengah.

Dengan keberhasilan luar biasa ini, Balogun mengikuti jejak pelajar Muslim lainnya yang sebelumnya telah meraih kesuksesan di bidang pendidikan.

Baca Juga:  Setelah Pembubaran Dewan Perang, Warga Israel Tuntut Pemilu Baru

Halima Ali Shuwa, mahasiswa asal Nigeria yang belajar imunologi di Fakultas Biologi, Kedokteran dan Kesehatan, dinobatkan sebagai ‘postgraduate student of the year 2022’ di University of Manchester.

Saheela Ibrahim, gadis Muslim Nigeria, pada tahun 2016 juga masuk dalam daftar “50 Remaja Terpintar di Dunia”. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi