Mahmoud Abbas: PLO Didirikan untuk Gagalkan Upaya Zionis Lenyapkan Palestina

Presiden Palestina Mahmoud Abbas.(Foto: Istimewa)

Ramallah, MINA – Presiden mengatakan pada Peringatan 59 tahun berdirinya Organisasi Pembebasan Palestina (), Sabtu (27/5), organisasi yang didirikan pada 1964 itu untuk menggagalkan rencana gerakan Zionis global untuk melenyapkan identitas rakyat Palestina, dan menjadi kebalikan dari proyek nasionalis Zionis.

“PLO menjaga keputusan nasional Palestina merdeka dan melindungi proyek nasional agar tidak hilang. Pendirian PLO dan representasi rakyat kami adalah salah satu pencapaian terpenting politik Palestina,” kata Presiden Abbas sebagaimana dilaporkan WAFA.

Presiden Palestina memberikan penghormatan kepada para pendiri pertama Organisasi tersebut, yang di atasnya adalah mendiang pemimpin Palestina Ahmad Shukeiri, dan semua orang yang upaya kerasnya membantu mempertahankan pencapaian kunci nasional tersebut.

Abbas menunjukkan,  PLO telah mengambil kapasitasnya sebagai perwakilan tunggal dan sah rakyat Palestina melalui pengorbanan para syuhada dan tahanan.

“PLO, dalam perjalanannya yang panjang, telah melewati tahapan yang sangat sulit, tetapi tetap tabah menghadapi semua konspirator. Itu telah menanggung keprihatinan dan penderitaan rakyat Palestina kita di semua tempat kehadiran mereka, serta aspirasi mereka untuk mencapai kebebasan dan kemerdekaan seperti bangsa-bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

Sejarah PLO

Dalam Palestine Remix Al-Jazeera, Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) didirikan pada 1964 dengan tujuan membebaskan Palestina, mencapai penentuan nasib sendiri Palestina, dan mengamankan kembalinya para pengungsi.

Keputusuan pendirian PLO disusun pada pertemuan puncak Liga Arab di Kairo, dan mendukung penggunaan perjuangan bersenjata untuk mencapai tujuannya.

Pertemuan pertama PLO terjadi di Yerusalem, pada 28 Mei 1964, ketika 422 tokoh Palestina bertemu untuk memilih pemimpin, Ahmed Shuqeiri.

Konferensi tersebut juga membentuk badan legislatif, Dewan Nasional Palestina (PNC), Komite Eksekutif PLO, Dana Nasional, dan Tentara Pembebasan Palestina (PLA), dan juga menyusun Kovenan Nasional dan Hukum Dasar. Setelah pengunduran diri Shuqeiri pada Desember 1967, Yahya Hamoudeh menjadi kepala PLO, sebelum mendiang Yasser Arafat menggantikannya pada 1969.

PLO menjadi organisasi payung untuk berbagai faksi Palestina dan memperoleh peran sentral dalam memobilisasi warga Palestina di seluruh dunia dan memfokuskan dukungan internasional untuk perjuangan mereka.

PLO mendirikan departemen-departemen untuk menyediakan pendidikan, kesehatan, dan layanan bantuan lainnya bagi warga Palestina, dan membentuk pemerintahan semu dengan layanan keamanan, kantor informasi, dan kebijakan luar negerinya sendiri.

Pada 14 Oktober 1974, Majelis Umum PBB mengakui PLO sebagai “satu-satunya perwakilan sah rakyat Palestina”. Dua pekan kemudian, pada tanggal 28 Oktober, hal yang sama diakui di KTT Rabat Liga Arab sebagai satu-satunya perwakilan sah rakyat Palestina.

Sejak kematian Arafat pada 11 November 2004, PLO dipimpin oleh Mahmoud Abbas.

PLO bertanggung jawab untuk menegosiasikan masalah status permanen menuju kesepakatan akhir dengan Israel. (T/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.