MAN 2 Brebes Beri Beasiswa Bagi Penghafal Al-Quran

Kepala 2 , Dra Nurhayati MPd, memberikan beasiswa bagi siswa yang (Foto: MINA/Zaenal Muttaqin)

Brebes, 17 Rajab 1438/13 April 2017 (MINA) – Negeri (MAN) 2 Brebes, yang ada di Laren, Kecamatan Bumiayu, Kabuaten Brebes, Jawa Tengah, membebaskan biaya pendidikan bagi siswa yang hafal Al-Quran.

Kepala MAN 2 Brebes, Dra Nurhayati MPd mengatakan, pembebasan biaya pendidikan atau beasiswa diberikan sebagai penghargaan bagi anak-anak hafal Al-Quran mulaii dari lima juz hingga 30 juz.

“Beasiswa bagi para penghafal Al-Quran ini sudah berlangsung sejak tiga tahun lalu,” katanya, Kamis (13/4).

Dia menjelaskan, para penghafal Al-Quran merupakan anak-anak yang cerdas dan berprestasi sehingga layak mendapatkan penghargaan. Anak-anak penghafal Al-Quran juga selalu membanggakan karena budi pekertinya baik dan juga disiplin.

“Mampu menghafal Al-Quran berarti cerdas dan akhlak atau budi pekertinya biasanya juga sangat baik dan itu kebanggan bagi kami,” kata Nurhayati.

Disebutkan, saat ini dari sekitar 300 siswa MAN 2 Brebes, ada 20 siswa yang menerima beasiswa sebagai penghafal Al-Quran. Setiap tahun ajaran baru pihaknya juga mendorong anak-anak yang hafal Al-Quran untuk dapat bersekolah di MAN 2 Brebes.

Perhatian terhadap siswa penghafal Al-Quran juga terus dilakukan dengan bimbingan dan pengarahan sampai dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT). Terlebih saat ini banyak PT yang juga memberikan beasiswa bagi penghafal Al-Quran.

“Kami bimbing agar dapat terus melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, atau juga yang minat dapat melamar di intitusi pemerintah seperti Polri dan TNI yang juga memberikan peluang besar bagi yang hafal Al-Quran,” ujar Nurhayati.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Brebes, Asikin SPd menuturkan, pihaknya juga melakukan bimbingan khusus bagi siswa-siswa penghafal Al-Quran untuk terus menghafal. Di antaranya melakukan kerja sama dengan pesantren khusus tahfidz yang letaknya dekat dengan sekolah.

“Adanya kerja sama itu, membuat siswa-siswa selain dapat mempertahankan hafalannya juga bisa menyelesaikannya sampai 30 juz,” katanya. (L/B05/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.