Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Marissa Haque, Artis Berhijab, Penulis Buku dan Peduli Palestina

Ali Farkhan Tsani Editor : Arif R - 2 menit yang lalu

2 menit yang lalu

2 Views

Marissa Haque dan keluarga (Istimewa/IG)

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, artis Marissa Grace Haque (62 th) meninggal di Jakarta, Rabu (2/10/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

Artis kelahiran Balikpapan, 15 Oktober 1962, berdarah Pakistan-Belanda ini bukan hanya dikenal sebagai artis yang telah membintangi puluhan film layar lebar sejak tahun 1980-190-an. Namun juga rajin menekuni dunia akademisi, di tengah seabrek kesibukannya sebagai artis.

Alumni SMPN 73 Jakarta dan SMAN 8 Jakarta tersebut, melanjutkan studi bidang Hukum Perdata di Universitas Trisakti, dan lanjut Magister bidang Bahasa Anak Tunarungu di Universitas Katolik Atma Jaya.

Tak Cuma sampai di situ, Marissa juga mengambil gelar Magister Administrasi Bisnis (MBA) di Universitas Gajah Mada (UGM).  Gelar doktornya pun ia raih dari Pusat Studi Lingkungan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Baca Juga: Enam Keutamaan Umrah ke Baitullah

“Icha” sapaan akrabnya, artis berhijab, istri dari Drs. H. AZ Ahmad Zulfikar, MBA. yang lebih dikenal Ikang Fawzi, penyanyi rock terkemuka tahun 90-an. Mereka memiliki dua putri, Isabella Muliawati Fawzi dan Marsha Chikita Fawzi.

Chiki Fawzi adalah seniman animasi Indonesia yang terlibat dalam pembuatan film kartun Ipin & Upin Mayalsia.

Chiki juga aktif di dunia fashion, di antaranya jaket lukis.

Jiwa sosialnya yang tinggi mendorong Chiki, membuatnya ingin menghasilkan karya yang bisa menjadi sumber donasi untuk membantu warga Palestina.

Baca Juga: Polemik Nasab Ba’alawi di Media Sosial dan Dampaknya kepada Umat

“Saya berkarya di fashion bisa untuk didonasikan, salah satunya untuk Palestina,” katanya.

Aktivitas donasi ini didukung penuh oleh keluarganya, terutama ibunya, Marissa Haque.

Bella Fawzi kakaknya, juga aktif menyuarakan pesan pembelaan terhadap Palestina lewat media sosial dan beberapa kali ikut turun ke jalan dalam aksi demo solidaritas Palestina.

Di tengah kesibukannya sebagai artis senior, akademisi, dan berbagai kegiatan lainnya, Marissa menyempatkan waktunya untuk menulis beberapa buku.

Baca Juga: Mengambil Ibrah dari Kisah Nabi Nuh ‘Alaihissalam (Bagian IV)

Di antaranya buku berjudul Jawa dan Halal di Thailand (2017) yang diluncurkan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat.

Buku tersebut merupakan hasil riset yang menceritakan pengaruh budaya Jawa dan Masjid Jawa di Shatorn, Bangkok, Thailand.

Ia juga menulis buku Muslimin Vietnam dan Industri Halalnya (2019). Buku lainnya, Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi (2021).

Aktivitas artis senior Marissa Haque, yang pernah bermain dalam film layar lebar Tinggal Landas Buat Kekasih (1984) dan puluhan film lainnya, juga aktif dalam berbagai Majelsi Taklim. Bahkan dalam beberapa kesempatan ia menjadi pembicara.

Baca Juga: Komunisme Bertentangan dengan Fitrah Manusia

Di antaranya ia pernah memberikan kajian bertema “Cintai Produk Halal Indonesia & Bela Palestina”, awal tahun 2024.

Pada kajian itu, Marissa yang juga Pembina Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) memaparkan tentang pentingnya produk halal yang harus digunakan dalam keseharian setiap Muslim.

Icha mengingatkan agar kaum Muslimah untuk waspada dari setiap produk yang digunakan agar tidak mengandung unsur haram seperti babi.

Ia yang juga politisi Partai Amanat Nasional (PAN), sebelumnya Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), aktif mengedukasi jamaah tentang pentingnya produk halal, dengan mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk memboikot produk-produk pendukung Zionis Israel sebagai bentuk pembelaan terhadap Palestina. []

Baca Juga: Komunisme, Ancaman bagi Peradaban

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda