Masa PSBB Provinsi Khartoum Diperpanjang Lagi Hingga 29 Juni

Khartoum, MINA – Pemerintah , melalui Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan untuk Penangganan Covid-19, Rabu (17/6) malam, memutuskan memperpanjang  PSBB  yang keempat  kalinya khususnya untuk Provinsi Khartoum hingga 29/6.

Serta memperpanjang waktu diperbolehkannya aktivitas warga dari jam 06:00  pagi hingga 15:00 sore, serta larangan keluar rumah dari jam 15:00 hingga jam 06:00 pagi.

Keputusan tersebut disampaikan Anggota Dewan Transisi dan Ketua Komite Tinggi Gawat Darurat Kesehatan Penanganan COVID-19 Prof. Sidik Taaur, Rabu malam, dalam konferensi persnya di Khartoum.

Keputusan tersebut juga melarang arus keluar/masuk transportasi umum dan pribadi, kecuali moda transportasi jasa pengiriman barang-barang yang membawah kebutuhan pokok antar kota maupun antar provinsi.

Juga masih dilanjutkan pemberlakuan keputusan terkait larangan mengadakan perkumpulan, penutupan jembatan dan pasar induk khususnya untuk provinsi Khartoum.

Sebelumnya Otoritas Penerbangan Sipil Sudan (Civil Aviation Authority/CAA), Ahad (14/6), mengumumkan perpanjangan penutupan bandara udara Internasional Khartoum, untuk Penerbangan internasional dan domestik hingga 28 Juni 2020.

Perpanjangan penutupan ini adalah untuk keempat  kalinya dari jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya yang berakhir pada Ahad (14/6)

“Namun, untuk penerbangan bantuan kemanusian, jasa pengiriman BBM dan Cargo yang sudah terjadwal serta evakuasi warga asing tetap diizinkan, setelah mendapatkan  persetujuan dari pemerintah,”

Sementara itu Provinsi Khartoum mencatat penambahan kasus baru  positif 240  , dengan total keseluruhan hingga saat ini  5.906 orang.

Selain itu, menurut data Kementerian Kesehatan Sudan melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 secara nasional, hasil Swab Test pada Ahad  (14/6) yang  dipublikasikan hari Rabu pagi (17/6) ini, terdapat kasus baru 305  orang positif COVID-19.

Sementara itu 100  orang dinyatakan sembuh sehingga total sembuh menjadi  2.556 oOrang, 14  kasus baru meninggal sehingga total keseluruhan  447.

Jumlah keseluruhan dari awal masuk penyebaran Covid-19 di Sudan hingga hari ini yang dinyatakan positif total secara nasional berjumlah  7.740 orang. (L/B02/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.