Masjid di Turki Sediakan Tempat yang Hangat untuk Kucing Liar

Istanbul, MINA – di Turki menyediakan tempat yang hangat untuk kucing-kucing liar di tengah suhu yang turun.

Hüseyin Koçak, imam masjid di desa Ahmetçe provinsi Kırklareli, menemukan anak-anak kucing tanpa induk kedinginan di halaman masjid. Ia membawa kucing-kucing itu masuk dan merawatnya di dalam masjid.

“Setiap makhluk memiliki hak untuk hidup. Musim dingin sangat keras di sini terutama untuk hewan, dan kami berusaha membantu kucing-kucing menghadapi cuaca dingin,” kata Koçak. Seperti disebutkan Hurriyet Daily Sabah, Jumat (26/11).

Tindakan imam masjid tersebut mendapat dukungan dari jamaah, dengan memberi makan kucing-kucing tersebut secara teratur.

Kucing juga menemukan ruang untuk bermain di dalam masjid yang luas, berkerumun dan berjalan di antara barisan jamaah yang melaksanakan shalat.

“Perhatian dan cinta kami terhadap hewan berasal dari simpati dan kasih sayang yang ditunjukkan Nabi kita terhadap hewan seperti yang kami tahu dari hadits. Mereka adalah makhluk hidup seperti manusia dan Allah menyebut mereka hamba-hamba-Nya yang tak bisa bicara,” ujar Hüseyin Koçak.

“Mereka tidak dapat berbicara tetapi kami memahami penderitaan mereka. Kami tahu mereka lapar, haus dan butuh tempat yang hangat. Kami melakukan apa yang harus dilakukan dengan hati nurani,” lanjutnya.

Kucing-kucing juga mendapatkan rumah yang hangat di masjid-masjid lainnya, termasuk di Masjid Agung Hagia Sophia.

Hüseyin Koçak menolak mitos bahwa kucing tidak tahu berterima kasih kepada manusia.

“Mereka merasa senang berada di sekitar orang-orang yang shalat berjamaah. Ketika Anda menunjukkan cinta Anda, mereka pun akan menunjukkan cinta mereka,” imbuhnya.

Di samping beberapa jamaah, organisasi nirlaba lokal juga mulai mengirimkan makanan untuk kucing-kucing di masjid ketika mereka mendengar tentang cerita kucing yang kedinginan pada musim dingin tahun ini. (T/RS2/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)