Masjid Hassanal Bolkiah Rayakan Khataman Al-Quran

Bandar Seri Begawan, MINA – Sebanyak 30 anggota Kelompok Iqraul Quran dari Masjid Hassanal Bolkiah di Kampong Mentiri, Brunei Darussalam berpartisipasi dalam upacara Khatam Al-Quran untuk menandai penyelesaian mereka dalam menghafal 30 juz Al-Quran.

Upacara dimulai dengan pembacaan Surah Al-Fatihah diikuti oleh pembacaan ayat-ayat Al-Quran yang dipimpin oleh Imam Abdul Salam bin Haji Abdul Salim.

Imam Abdul Salam kemudian membacakan Takhtim dan Doa Khatam. Demikian Borneo Bulletin melaporkan, Ahad (27/10).

Kelompok Iqraul Quran terdiri dari para jamaah masjid yang ikut serta dalam harian tadarus yang diadakan setelah shalat Maghrib dan Isya.

Brunei Darussalam merupakan negara kerajaan dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Negara tersebut terletak di bagian utara Pulau Kalimantan (Borneo) dan berbatasan dengan Malaysia. Berdasarkan data statistik, penduduk Brunei Darussalam hanya berjumlah 370 ribu orang. Sekitar 67 persen dari total populasinya beragama Islam, Buddha 13 persen, Kristen 10 persen, dan kepercayaan lainnya sekitar 10 persen.

Baca Juga:  Peringati 76 Tahun Nakba, AWG Sampaikan 11 Poin Tuntutan

Dilihat dari sejarahnya, Brunei adalah salah satu kerajaan tertua di Asia Tenggara. Sebelum abad ke-16, Brunei memainkan peranan penting dalam penyebaran Islam di Wilayah Kalimantan dan Filipina. Sesudah merdeka pada tahun 1984, Brunei kembali menunjukkan usaha serius dalam upaya penyebaran syiar Islam, termasuk dalam suasana politik yang masih baru.(T/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi