Masjid Mosul Ikon “Khilafah” ISIS Dilaporkan Hancur

Masjid Nuri dan Hadba di Kota Tua, Mosul Barat. (Foto: Getty)

Mosul, 27 Ramadhan 1438/22 Juni 2017 (MINA) – Menara miring masjid Mosul yang menjadi ikon tempat Abu Bakr Al-Baghdadi mendeklarasikan “khilafah” Islamic State () diledakkan pada hari Rabu (21/9), menurut laporan yang telah dikonfirmasi.

Masjid Nuri dan Hadba, dua masjid terkenal di Mosul tempat Baghdadi merekam kemunculannya pada tahun 2014, oleh seorang komandan pasukan Irak mengatakan, telah hancur saat pasukan Irak maju lebih dalam ke Kota Tua itu.

“Ketika mereka (pasukan Irak) sampai di dalam jarak 50 meter dari masjid Nuri, Daesh (ISIS) melakukan kejahatan historis lainnya dengan meledakkan Masjid Nuri dan Hadba,” kata Staf Letnan Jenderal Abdulamir Yarallah dalam sebuah pernyataan. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

Namun, kelompok ISIS yang biasanya cepat mengklaim bertanggung jawab atas berbagai serangan di seluruh dunia, dengan cepat mengeluarkan sebuah pernyataan melalui medianya, Amaq, yang membantah klaim tersebut dan menyalahkannya terhadap serangan Amerika Serikat yang mendukung operasi pasukan Irak. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.