Masjid Terbesar Djibouti Hadiah dari Turki Resmi Dibuka

Djibouti, MINA – Masjid Abdulhamid II, masjid terbesar di Djibouti, dibuka pada Jumat (28/11) dalam sebuah upacara, empat tahun setelah sebuah yayasan Turki meluncurkan pembangunannya.

Ketua Parlemen Turki Mustafa Sentop dan Perdana Menteri Djibouti Abdoulkader Kamil Mohamed termasuk di antara para pejabat tinggi yang menghadiri upacara pembukaan. Demikian Daily Sabah melaporkan.

Masjid yang dapat menampung 6.000 jamaah itu dibangun oleh Yayasan Diyanet Turki (TDV), yang berafiliasi dengan Kepresidenan Urusan Agama Turki (DIB). Presiden DIB Ali Erbas memimpin shalat Jumat di masjid tersebut.

Berbicara pada upacara itu, Sentop mengatakan Turki dan Djibouti, sebagai anggota komunitas Muslim internasional, menghidupkan kembali hubungan mereka berdasarkan persaudaraan.

Sentop mengatakan, gagasan masjid itu diidam-idamkan oleh Presiden Turki dan Djibouti serta merupakan tanda konkret hubungan bilateral kedua negara.

Moumin Hassan Barreh, Menteri Urusan Muslim, Budaya dan Aset Wakaf Djibouti, mengatakan pada upacara tersebut bahwa masjid itu adalah hadiah dari Turki untuk rakyat Djibouti dan ia menyampaikan terima kasihnya kepada Republik Turki. (T/R11/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)