Masuk 100 Tokoh Berpengaruh, Moh Salah Serukan Kemajuan Muslimah

Gambar cover Majalah Times (Times)

Los Angeles, MINA – Bintang sepakbola Mesir, Muhamed Salah dalam sebuah wawancara dengan majalah Amerika Serikat, Time yang diterbitkan Rabu (17/4), menyerukan perubahan cara memperlakukan perempuan di dunia Muslim.

Pesepakbola 26 tahun yang kini bermain di klub Liga Inggris, Liverpool tersebut masuk dalam daftar 100 tokoh paling berpengaruh versi majalah Times, sejajar dengan atlet terkenal lain seperti, Tiger Woods, Lebron James, dan Naomi Osaka, maupun sejumlah Presiden, Perdana Menteri dll.

Dalam wawancara tersebut Salah berharap ada kesetaraan dan perubahan dalam menempatkan perempuan di dalam kehidupan.

“Kami perlu mengubah cara kami memperlakukan wanita dalam budaya kami, tidak ada pilihan,” kata Salah, seperti dikutip dari Arab News, Kamis (18/4).

Salah juga menyinggung tentang budaya di Timur Tengah yang mengubah pemikirannya tentang permasalahan kesetaraan gender.

“Saya mendukung perubahan perempuan lebih dari sebelumnya, karena saya merasa, mereka pantas mendapatkan lebih dari yang diberikan sekarang, saat ini,” kata Salah kepada Times.

Ikon sepakbola Mesir tersebut berhasil membawa negaranya melaju ke Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1990. Salah juga merupakan pemain terbaik Afrika 2017 dan 2018 serta Liga Inggris musim 2017-2108 bersama Liverpool.

Salah mengatakan, ia telah belajar bagaimana mengatasi tekanan saat menjadi seorang bintang agar tetap selalu bijak.

“Menjadi orang pertama Mesir dalam situasi ini, sesuatu yang berbeda,” kata Salah yang bersikeras tidak akan mengubah gaya hidupnya meskipun sudah jadi superstar.

“Saya hanya ingin hidup normal, banyak menghabiskan waktu di rumah, saya tidak suka berpergian,” ujarnya. (T/Sj/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)