MBS Pimpin Prosesi Pencucian Ka’bah Tahunan

MBS Pimpin Prosesi Pencucian Ka'bah Tahunan (foto: Anadolu Agency/Getty images)

Mekah, MINA –  Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) memimpin prosesi pencucian Ka’bah tahunan bersama pejabat lain seperti Abdul-Rahman Al-Sudais, Ketua Umum Pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

MBS mewakili ayahnya, Raja Salman bin Abdul Aziz untuk membersihkan Ka’bah karena kondisi kesehatan ayahnya yang tidak memungkinkan.Dikutip dari The New Arab, Sabtu (20/8),

Sebelum melakukan pembersihan, Bin Salman dan yang lainnya melakukan tawaf  mengelilingi Ka’bah dan melakukan sholat dua rakaat.

Menurut situs berita pan-Arab Arabi 21, Masjidil Haram, tempat Ka’bah berada, terlihat sepi, tetapi tetap di bawah pengawasan yang ketat.

“Pencucian Ka’bah sudah dilakukan sejak zaman Nabi Muhammad dan pembersihannya dilakukan dengan mengosok lantai dan dinding dengan cara yang berbeda,” jelas penyiar radio Saudi Al Arabiya.

Kiswah dinding interior Ka’bah digosok dengan kain putih wangi yang berasal dari perpaduan antara parfum dan air Zamzam.

Di samping itu air zam zam dengan daun lontar juga digunakan untuk membasuh lantai  mengunakan tangan petugas. (T/ri/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)