Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Media Asing Soroti Aksi Demo Darurat Indonesia

sri astuti Editor : Zaenal Muttaqin - Kamis, 22 Agustus 2024 - 15:50 WIB

Kamis, 22 Agustus 2024 - 15:50 WIB

79 Views

Masyarakat di sejumlah daerah di Indonesia menggelar aksi protes menolak revisi UU Pilkada. (Foto: Twitter)

Jakarta, MINA – Sejumlah media asing ramai menyoroti akaidemo “Darurat Indonesia” untuk menolak revisi UU Pilkada, yang digelar di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR) di Jakarta, dan sejumlah daerah lainya seperti Bandung, Yogyakarta dan Padang, Kamis (22/8).

Media Singapura, The Straits Times, melaporkan protes terjadi di Indonesia setelah sebelumnya masyarakat ramai mengunggah “peringatan darurat” di media sosial.

The Straits Times  menyebut, para selebriti, aktor, serta penyanyi turut membagikan meme “peringatan darurat Indonesia” dan tagar #KawalPutusanMK, yang menyerukan pembelaan atas keputusan pengadilan, yang oleh banyak orang dianggap mendukung aliansi Presiden Joko Widodo.

“Ratusan demonstran berpakaian hitam-hitam berkumpul di luar gedung DPR di Jakarta pada Kamis, diikuti seruan protes yang lebih kecil di luar gedung pengadilan serta di kota-kota seperti Surabaya dan Yogyakarta. Pihak berwenang mengatakan 3.200 polisi telah dikerahkan di ibu kota,” tulis The Straits Times.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Diprediksi Cerah Awal Pekan Ini

Media Amerika Serikat, Bloomberg, juga turut melaporkan demo menolak revisi UU Pilkada ini. Bloomberg bahkan melakukan siaran langsung untuk meliput situasi protes di sekitar gedung DPR RI.

“Demonstran berkumpul di luar gedung DPR di Jakarta pada Kamis di tengah kemarahan publik atas rencana perubahan UU Pilkada yang pada dasarnya menguntungkan aliansi Presiden Joko Widodo dan penerusnya, Prabowo Subianto,” tulis Bloomberg.

Selain itu, Media Inggris, BBC, menyoroti demonstrasi ini dalam artikel berjudul “Election law changes spark mass protests in Indonesia“, BBC melaporkan ribuan orang berkumpul untuk memprotes upaya pemerintah membatalkan putusan MK.

“Ribuan warga Indonesia  berkumpul untuk memprotes upaya pemerintah mereka untuk membatalkan putusan Mahkamah Konstitusi, yang akan membuka pemilihan umum bagi pesaing mereka dari partai-partai kecil,” tulis BBC.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Kaltim Raih Juara Umum MTQ Nasional 2024

BBC juga menyoroti para pengamat yang mengatakan perebutan kekuasaan antara DPR Indonesia yang didominasi oleh pendukung Jokowi dan Mahkamah Konstitusi negara itu dapat memicu krisis politik. Namun Jokowi telah meremehkan pertikaian itu, dengan mengatakan amandemen itu merupakan bagian dari “pengawasan dan keseimbangan” pemerintah”.

Aksi protes dengan seruan “Darurat Indonesia” dilakukan untuk menolak revisi UU Pilkada yang digelar menyusul putusan MK sehari sebelumnya, yang mengubah syarat pencalonan pilkada melalui putusan nomor 60/PUU-XXII/2024 dan nomor 70/PPU-XXII/2024.

Kedua putusan ini terkait ambang batas pencalonan kepala daerah dan batas usia calon kepala daerah. DPR menerima soal ambang batas tersebut, namun tak setuju dengan putusan batas usia. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Puluhan WNI Jadi Korban TPPO di Myanmar

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional