Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Jadi WNI

Lailatul Mukarromah Editor : Widi Kusnadi - 14 detik yang lalu

14 detik yang lalu

0 Views

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders jalani sumpah WNI. (Foto: PSSI)

Jakarta, MINA – Dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, yakni Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi jadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua pemain asal Belanda itu menjalani sumpah WNI di Brussel, Belgia, Senin (30/9) malam.

Kepastian Mees Hilgers dan Eliano Reijnders pindah warga negara dari Belanda ke Indonesia diunggah dalam akun instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

“Saya mengakui, tunduk, dan setia kepada negara kesatuan Republik Indonesia,” ucap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders ketika melakukan pengambilan sumpah WNI.

Kedua pemain itu terlihat menggunakan peci, kemeja putih, jas hitam, dan celana hitam sebelum akhirnya melakukan pengambilan sumpah WNI.

Baca Juga: MotoGP Mandalika 2024: Jorge Martin Juara

Sebelumnya PSSI bersama Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) memutuskan untuk melakukan pengambilan sumpah WNI kepada kedua pemain tersebut di Belanda.

Namun, ada perubahan lokasi pengambilan sumpah dari Belanda ke Belgia. Percepatan pengurusan WNI terhadap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders di luar negeri bukan hal yang spesial.

Hal itu dilakukan karena lebih pada fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Proses naturalisasi kedua pemain itu bisa dibilang sangat cepat. Mulai dari pembahasan di Komisi III dan VI DPR yang langsung mengesahkan persetujuan pada Kamis (26/9) lalu.

Baca Juga: Garuda Muda Lolos ke Piala Asia 2025

Kemudian di hari yang sama terjadi pertemuan antara Ketua Umum PSSI dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas untuk pembahasan pengambilan sumpah WNI di luar negeri. Hingga penerbitan Keputusan Presiden yang berujung pada pengambilan sumpah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sebagai warga negara Indonesia.

Pengambilan sumpah setia kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dihadiri wakil Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, yang disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diproyeksikan bisa memperkuat timnas Indonesia melawan Bahrain dan China pada 10 dan 15 Oktober 2024.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Indonesia Hajar Timor Leste 3-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport