MEMI Brunei Peringati Maulid Rasul dengan Zikir

Bandar Seri Begawan, MINA – Kementerian Energi, Tenaga Kerja, dan Industri (MEMI) Brunei Darussalam dan departemennya mengadakan acara zikir maulud berkenaan dengan Maulidur Rasul di Masjid Universiti Brunei Darussalam (UBD) Sabtu (2/11).

Wakil Menteri Energi, Tenaga Kerja, dan Industri Dato Seri Paduka Awang Haji Matsatejo bin Sokiaw menjadi tamu kehormatan.

Upacara dimulai dengan salat magrib massal yang dipimpin oleh Imam Masjid UBD Ustaz Haji Jufri bin Haji Hidup, yang juga menyampaikan ceramah agama berjudul “Mengenang Kelahiran Nabi Muhammad”.

Setelah itu dilakukan pembacaan zikir, khairuman, dan badat. Salat Isya massal diadakan, diikuti dengan pembacaan zikir asyraqal yang dipimpin oleh tim Zikir MEMI.

Baca Juga:  Taiwan Harap Jalin Hubungan Lebih Erat dengan Indonesia

Acara ditutup dengan Doa Selamat yang dibacakan oleh Imam Haji Mohd Asraf bin Haji Bujang.

Brunei Darussalam merupakan negara kerajaan dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Negara tersebut terletak di bagian utara Pulau Kalimantan (Borneo) dan berbatasan dengan Malaysia. Berdasarkan data statistik, penduduk Brunei Darussalam hanya berjumlah 370 ribu orang. Sekitar 67 persen dari total populasinya beragama Islam, Buddha 13 persen, Kristen 10 persen, dan kepercayaan lainnya sekitar 10 persen.

Di lihat dari sejarahnya, Brunei adalah salah satu kerajaan tertua di Asia Tenggara. Sebelum abad ke-16, Brunei memainkan peranan penting dalam penyebaran Islam di Wilayah Kalimantan dan Filipina. Sesudah merdeka pada tahun 1984, Brunei kembali menunjukkan usaha serius dalam upaya penyebaran syiar Islam, termasuk dalam pemerintahannya.(T/R11/P2)

Baca Juga:  Negara-Negara Barat Desak Israel Gencatan Senjata di Gaza

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Syauqi S

Editor: Widi Kusnadi