Menag Harap Mahasiswa Perkuat Moderasi Islam

Pariaman, MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, sebagai negara Muslim terbesar, Indonesia mempunyai tanggung jawab besar agar corak Islam moderat dan rahmatan lil alamin terjaga dengan baik. Islam wasathiyah yang menebarkan kedamaian.

“Di sinilah diperlukan wawasan ilmu pengetahuan yang cukup agar kita memiliki kemampuan dan kearifan menyikapi keragaman,” kata Menag, Sabtu (4/11) saat memberi kuliah umum pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Syekh Burhanuddin di Kota Pariaman, Sumatera Barat.

“Kearifan baru akan dimiliki jika seseorang cukup memiliki wawasan dan pengetahuan,” sambungnya. Demikian keterangan pers Kemenag yang dikutip MINA.

Menag mengapresiasi kiprah STIT yang ikut berupaya agar Islam dipahami dengan baik oleh para mahasiswa sehingga generasi muda Indonesia memiliki wawasan yang cukup.

“Dari pengetahuan yang cukup, muncul kearifan dalam menyikapi keragaman sehingga eksistensi Indonesia sebagai bangsa agamis tetap terjaga dan bahkan bisa menjadi contoh negara lainnya,” tutur Menag.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Islamic Center STIT Syekh Burhanuddin Padang Pariaman Martias Mahyudin melaporkan, kampus STIT sudah berkiprah hampir 30 tahun. Tercatat sudah lebih 5.000 sarjana Islam yang dihasilkan dan mayoritas mengajar di sekolah agama.

“STIT memiliki 700 mahasiswa, dan 80 dosen. Sepuluh dosen saat inj sedang menyelesaikan doktoral,” ujarnya.

“Yayasan juga menyelenggarakan pendidikan MTs dan MA dengan total 200 siswa,” tambahnya. (R//R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)