MENAG RI DORONG UMAT ISLAM KUNJUNGI MASJID AL-AQSHA

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Rana/MINA)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Rana/MINA)

Jakarta, 18 Jumadil Awwal 1435/9 Maret 2015 (MINA) – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mendorong umat Islam di dunia, khususnya di , untuk mengunjungi Masjid , meskipun Otoritas Pendudukan Israel masih membatasi dengan mempersulit izin masuk menuju situs tersuci ketiga bagi umat Islam itu.

Lukman mendesak Pendudukan Israel memberikan perlindungan keamanan dalam konteks kebebasan beragama bagi jamaah kaum Muslimin untuk berziarah dan beribadah di kiblat pertama bagi umat Islam itu.

“Masjid Al-Aqsha di mata umat Islam Indonesia dan dunia adalah tersuci ketiga setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjid Al-Aqsha mempunyai sejarah yang luar biasa bagi umat Islam. Kita meminta Israel bisa memberikan perhatian yang cukup dalam hal ini,” kata Menag Lukman kepada wartawan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin (9/3).

Jika ada kemudahan seperti itu, tentu jamaah umrah akan banyak yang berkunjung ke sana. Dia juga merekomendasikan bagi biro perjalanan haji dan umrah menggiatkan program ziarah ke Masjidil Aqsha di Al-Quds Palestina.

Ketegangan telah terjadi di Al-Quds; Masjid Al-Aqsha telah menjadi target kunjungan provokatif harian para pemukim ilegal ekstrimis Yahudi, yang selalu didukung polisi Israel, selain berbagai tindakan yang bertujuan untuk menjadikan kota eksklusif bagi orang Yahudi melalui akselerasi pembongkaran rumah dan perampasan tanah.

Israel menduduki Al-Quds Timur dan Tepi Barat sejak 1967 pada saat Perang Timur Tengah. Kemudian menganeksasi Kota Al-Quds pada 1980, dengan mengklaim secara sepihak kota itu sebagai ibukota negara Yahudi, merupakan sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh masyarakat Internasional.

Laporan media menunjukkan bahwa puluhan ribu umat Islam dari Asia Timur dan beberapa negara Arab telah mengunjungi Masjid Al-Aqsha dan Kota Al-Quds selama enam tahun terakhir.

Termasuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Fatah Bogor, yang bekerjasama dengan travel umrah, berencana mengadakan umrah plus kunjungan ke Masjid Al-Aqsha April mendatang.

Sebelumnya, secara berkala KBIH Al-Fatah menyelenggarakan Umrah Plus tiap tahunnya. (L/R05/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0