Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menag Minta Rakernas PHU Jadi Media Evaluasi Tingkatkan Pelayanan Haji

Insaf Muarif Gunawan - Sabtu, 16 Maret 2024 - 10:20 WIB

Sabtu, 16 Maret 2024 - 10:20 WIB

8 Views

Jakarta, MINA – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) 2024 menjadi media evaluasi untuk meningkatkan pelayanan haji.

“Pelayanan yang akan datang harus jauh lebih baik. Saya tidak mau Rakernas ini tidak menghasilkan apapun untuk pelayanan jamaah akan datang,” ucapnya di Jakarta, Kamis (14/3) ketika membuka Rakernas, demikian keterangan  yang diterima MINA.

Menag mengatakan, tahun ini masih mengusung semangat Haji Ramah Lansia. Menurutnya, ini menjadi salah satu legacy Presiden Jokowi di masa akhir kepemimpinannya.

Ia minta agar pelayanan jemaah dipersiapkan secara detil, termasuk jamaah lansia.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek Diprediksi Cerah Awal Pekan Ini

“Harus ada program khusus untuk lansia, mulai di tanah air, di tanah suci hingga kembali ke tanah air. Buatkan program khusus. Ini penting, harus dijadikan prioritas, tanpa mengurangi pelayanan kepada jamaah lain,” jelas Menag.

Ia juga meminta jajaran Ditjen PHU untuk memperhatikan masalah kuota. Tahun ini, kuota Indonesia mencapai 241.000, terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan haji agar kuota ini bisa diserap dengan baik.

Tak hanya soal haji, Menag juga menyoroti soal umrah backpacker.

Ia berharap ada regulasi yang mengatur hal tersebut. Regulasi tersebut, nantinya diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan Jamaah umrah.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Kaltim Raih Juara Umum MTQ Nasional 2024

“Saya minta regulasi dibuat proper dan baik. Orientasinya, bagaimaana setiap warganegara yang umroh terjamin kesehatan, keselamatan, dan kenyamannya,” jelanya.

Menag mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang terlibat, terutama Komisi VIII DPR RI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Kemenkumham, Pemda, TNI & Polri.

“Karena ini ibadah yang melibatkan banyak orang. Saya berharap dukungan ini mampu menjadikan ibadah haji 2024 yang lebih terorganisir kedepannya,” tegasnya. (R/R8/R1)

 

Baca Juga: Puluhan WNI Jadi Korban TPPO di Myanmar

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) komitmen mendukung kebijakan haji ramah lansia. (Foto: Kemenag)
Haji 1445 H
Haji 1445 H
Dunia Islam
Haji 1445 H
Indonesia
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional