Menag Salurkan KIP pada 14.780 Siswa Madrasah di Yogyakarta

Yogyakarta, MINA – Kementerian Agama kembali menyalurkan Kartu Indonesia Pintar (). Kali ini, KIP disalurkan kepada pada 14.780 siswa di bawah naungan Kanwil Kemenag Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

KIP diserahkan secara simbolis oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kepada tujuh siswa pada acara Gebyar Kerukunan dan Launching E-Goverment di arena sport hall, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin (18/12).

“Penyaluran Kartu Indonesia Pintar adalah bagian dari kepedulian negara melalui pemerintah agar para siswa-siswi kita yang berada dalam kondisi tertentu tidak terhambat kesempatan/peluangnya untuk mengeyam pendidikan hanya karena persoalan keterbatasan dana,” ujar Menag Lukman. Demikian laporan pers Kemenag yang dikutip MINA.

Menag berharap agar penyaluran KIP dapat dituntaskan pada tahun ini, sehingga seluruh penerima KIP di penghujung tahun ini dapat segera menerima dana KIP.

Penerima KIP di Provinsi DI Yogyakarta terdiri dari 5.327 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI),  7.020 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 2.433 siswa Madrasah Aliyah (MA).

Usai menyerahkan KIP, Menag didampingi Wagub DIY Paku Alam X dan Kakanwil DIY M. Lutfi Hamid menyaksikan simulasi penarikan dana KIP yang diberikan dalam bentuk tabungan di salah satu bank pemerintah. Simulasi ini diperagakan salah satu penerima KIP, Retno Ayu Kumaladewi, siswa MAN 3 Bantul.

Pihak bank mengatakan, KIP diberikan dalam bentuk tabungan agar sekaligus memberikan edukasi kepada para siswa untuk menabung. (R/R05/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.