Menhan RI dan Menhan Perancis Bahas Industri Pertahanan Indonesia

Foto: KBRI Paris

Paris, MINA – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto dan , Florence Parly membahas kerja sama pertahanan, termasuk Indonesia.

“Berbagai kemajuan telah dicapai dalam mempererat kerja sama pertahanan kedua negara tahun ini, termasuk dalam upaya memajukan industri pertahanan Indonesia yang disambut baik oleh kedua Menhan.” Demikian dikutip dari siaran pers KBRI Paris, Sabtu (24/10).

“Indonesia ingin terus mengembangkan kerja sama dengan Perancis di berbagai sektor pertahanan termasuk dalam memperkuat alutsista TNI dan memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista,” sebut dalam pertemuan di Kantor Kementerian Pertahanan Perancis di Paris, Rabu (21/10).

Pada pertemuan Januari lalu, kedua Menhan juga sepakat untuk membuat Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA).

Perjanjian tersebut akan memayungi kerja sama pertahanan secara komprehensif seperti kerja sama bidang pendidikan dan latihan militer, keamanan maritim, pemberantasan terorisme, pengembangan industri pertahanan hingga penguatan kapasitas dalam penanganan bencana seperti pandemi COVID-19 yang saat ini melanda kedua negara.

Oleh karena itu, kedua Menhan meminta agar tim perunding dapat segera menyelesaikan DCA sebagai bagian dari peringatan HUT 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Selain itu, kedua Menhan juga membahas perkembangan situasi dan dinamika kawasan Indo-Pasifik.

Perancis menaruh perhatian khusus terhadap kawasan Indo-Pasifik, mengingat selain memiliki teritori, sekitar 1,6 juta warganya berada di Kawasan Indo-Pasifik.

Dalam konteks tersebut, kedua Menteri menegaskan pentingnya untuk terus berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan keamanan kawasan.

Kerja sama Indonesia-Perancis di bidang pertahanan selama ini dilandaskan kesepakatan kedua negara pada tahun 2017 melalui Letter of Intent (LoI) atau Pernyataan Kehendak untuk peningkatan kerja sama pertahanan termasuk kerja sama kelautan dan keamanan maritim.

Setiap tahunnya sejak 2013, kerja sama pertahanan bilateral di beberapa bidang seperti pelatihan dan pendidikan, saling kunjung, dan pemberantasan terorisme dibahas melalui forum Dialog Pertahanan Indonesia-Prancis (Indonesia-France Defense Dialogue/IFDD). (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.