Menhan: Turkiye ‘Berhasil’ Hancurkan Tempat Persembunyian Teroris di Irak utara dan Suriah

Menteri Pertahanan Turkiye Hulusi Akar. (AA)

Ankara, MINA – Menteri Pertahanan Turkiye Hulusi Akar mengatakan, militernya “berhasil” menghancurkan tempat persembunyian teroris dalam operasi udara baru di wilayah utara Irak dan Suriah.

“Tempat berlindung teroris, bunker, gua, terowongan, dan gudang berhasil dihancurkan. Kami mengikuti mereka dengan cermat. Yang disebut markas besar organisasi teroris juga dihantam dan dihancurkan,” kata Akar dalam pidatonya di pusat operasi dari Kementerian Luar Negeri, di ibu kota Ankara, Anadolu Agency melaporkan.

Pernyataannya disampaikan setelah Turkiye pada Ahad pagi (20/11) melakukan Operasi Cakar-Pedang lintas batas baru melawan kelompok bersenjata PKK/KCK/YPG di Irak utara dan Suriah.

Kementerian Pertahanan mengatakan, operasi itu dilakukan sejalan dengan hak membela diri berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB.

“Hanya teroris dan tempat persembunyian milik mereka yang menjadi sasaran. Cakar Angkatan Bersenjata Turkiye kami sekali lagi berada di atas teroris,” kata Akar.

Dia menegaskan, Turkiye akan terus meminta pertanggungjawaban mereka yang menargetkan keamanan negara.

Operasi itu menyusul serangan teror Ahad lalu (13/11) di Istiklal Avenue yang ramai di Istanbul yang menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai 81 lainnya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)