Menjadi Wanita Muslimah

 

Oleh: Ayu Rizka Fauziah, Mahasiswi IAIN Metro, Lampung

Wanita Muslimah menurut Islam adalah wanita yang menganut agama Islam dan menjalankan segala kewajiban serta perintah Allah.

Karena itu dikatakan bahwa wanita Muslimah adalah perhiasan dunia, dan ia lebih mulia daripada bidadari di surga.

Menjadi wanita Muslimah yang baik hendaknya menjadi cita-cita setiap wanita, karena wanita Muslimah tentunya disukai Allah dan juga orang-orang disekitarnya.

Memang terkadang tidak mudah untuk selalu istiqamah dan menjadi wanita Muslimah yang baik, akan tetapi segala hal tersebut layak untuk diusahakan.

Untuk menjadi wanita Muslimah sejati maka ia harus memenuhi segala kewajiban baik sebagai seorang anak, istri, ibu dan peranan lainnya dalam kehidupan.

Menjadi wanita Muslimah sejati tidaklah begitu sulit seperti yang diperkirakan dan wanita Muslimah sejati tentunya memiliki kriteria tertentu.

Beberapa kriteria yang mencerminkan bahwa seorang wanita adalah Muslimah sejati adalah sebagai berikut:

  1. Beriman dan Bertakwa kepada Allah

Kriteria pertama yang menjadikan seorang wanita sebagai Muslimah sejati adalah beriman dan bertakwa kepada Allah.

Wanita Muslimah adalah mereka yang senantiasa melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar dan menjalankan segala perintah Allah.

Dalam hal keimanan dan ketakwaan, Islam tidak membedakan antara pria dan wanita sebagaimana yang disebutkan dalam firman Allah:

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS Al-Ahzab: 35).

  1. Melaksanakan Kewajiban sebagai Muslim

Sebagai seorang Muslimah sejati tentunya seorang wanita harus melaksanakan segala kewajiban, khususnya menjalankan shalat wajib lima waktu, puasa Ramadhan dan ibadah lain yang diwajibkan atas umat Islam.

Wanita Muslimah juga selalu berusaha untuk melakukan ibadah sunnah yang dianjurkan dan memiliki banyak keutamaan.

  1. Menutup Aurat

Seorang wanita wajib menutup auratnya, hal ini dikarenakan wanita adalah makhluk yang dimuliakan Allah  dan agar wanita dijauhkan dari fitnah lawan jenisnya.

Aurat yang terbuka bisa menyebabkan lawan jenis sulit menjaga pandangan dan menjerumuskan dalam perbuatan zina.

Perintah mengenakan hijab dan menutup aurat disebutkan Allah dalam ayat:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS Al-Ahzab: 59).

Semoga kaum wanita menjadi wanita Muslimah. (A/ayu/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.