Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menkes Tegaskan Kebijakan Kesehatan Harus Berorientasi pada Masyarakat

Hasanatun Aliyah Editor : Sri Astuti - 13 detik yang lalu

13 detik yang lalu

0 Views

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin . (Foto: presidenri.go.id)

Jakarta, MINA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan, kebijakan utama Kementerian Kesehatan harus berorientasi pada kepentingan masyarakat, bukan untuk menteri, presiden, atau bahkan rumah sakit.

Hal ini ia sampaikan saat memberi sambutan pada acara Rekomendasi Kebijakan Kesehatan (Sibijaks) Awards 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan, Jumat (18/10).

“Saya meminta agar semua kebijakan yang kita susun harus berbasis data. Oleh karena itu, data yang ada harus dibuka secara transparan agar lebih banyak orang bisa mengaksesnya dan memberikan masukan yang konstruktif,” kata Budi, seperti dikutip dari Infopublik.id.

Budi menekankan, kesehatan adalah isu milik semua pihak, bukan hanya Kementerian Kesehatan. Oleh karena itu, setiap individu, organisasi, dan institusi perlu berkontribusi dan merasa memiliki kebijakan kesehatan.

Baca Juga: BAN PT: Kampus Tanpa Rokok Bisa Jadi Indikator Akreditasi Perguruan Tinggi

Pada acara tersebut, Budi juga mengungkapkan bahwa pemenang kompetisi Sibijaks Awards akan mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil rekomendasi kebijakannya di hadapan rapat pimpinan Kementerian Kesehatan, yang melibatkan menteri dan pejabat eselon 1.

“Juara 1 hingga 3 akan diundang ke rapat yang terkait dengan topik yang mereka angkat dalam rekomendasi kebijakan mereka,” tambah Budi.

Sibijaks Awards 2024 merupakan kompetisi yang fokus pada penulisan rekomendasi kebijakan kesehatan, berbasis data dari Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023. Rekomendasi yang dibuat harus berbentuk risalah kebijakan (policy brief), yang menawarkan solusi terhadap isu-isu kebijakan yang mendesak.

Kepala BKPK, Syarifah Liza Munira, menjelaskan bahwa tujuan dari kompetisi ini adalah untuk memperluas pemanfaatan data SKI 2023, agar bisa dirasakan langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) di sektor kesehatan.

Baca Juga: Kompetensi One Health Penting untuk Pencegahan Pandemi

“Kompetisi ini bertujuan agar data SKI 2023 dapat dimanfaatkan secara luas dan memberikan dampak nyata bagi para pembuat kebijakan dan stakeholder terkait,” kata Syarifah. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Prof. Dante: Menjaga Kesehatan Mata Anak Sejak Dini, Investasi Masa Depan

Rekomendasi untuk Anda

Kolom
Kolom
Palestina
MINA Preneur