Menlu Bantah Laporan Pentagon Bahwa Indonesia Akan Jadi Lokasi Fasilitas Logistik Militer China

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI membantah laporan (Kementerian Pertahanan AS) yang menyebut Indonesia sebagai salah satu negara yang akan dijadikan sebagai lokasi  fasilitasi logistik militernya.

“Secara tegas saya ingin menekankan bahwa sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun,” kata Retno Marsudi dalam taklimat media daring, Jumat (4/9).

Seperti dikutip dari Kompas.tv, laporan tahunan Pentagon menyebutkan, China berencana membangun fasilitas logistik untuk militer di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Dalam laporan 200 halaman yang disampaikan pada Selasa (1/9) itu disebutkan beberapa negara yang akan dijadikan pangkalan logistik oleh China.

Negara-negara itu yakni Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Sri Lanka, Pakistan, Uni Emirat Arab, Kenya, Syecelles, Tanzania, Angola, dan Tajikistan.

Rencana itu dinilai Pentagon bisa mengganggu operasi militer AS dan berpotensi melancarkan serangan China ke AS. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Comments are closed.