Menlu Jepang Telepon Menlu RI Bahas Myanmar

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri  Retno Marsudi mengadakan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Motegi Toshimitsu selama kurang lebih 40 menit pada Kamis (10/6).

Menurut keterangan tertulis Kedubes Jepang di Jakarta kepada MINA, kedua Menlu saling bertukar pendapat mengenai situasi di Myanmar.

“Pada awal pembicaraan, Menlu Motegi mengatakan bahwa adalah penting untuk mengimplementasikan “5 konsensus” yang diumumkan pada ASEAN Leaders Meeting,” tulis Kedubes Jepang dalam keterangan tertutisnya.

Sebelumnya, Motegi juga sudah mengadakan pertukaran pendapat dengan Menlu Kedua Brunei Darussalam Erywan Yusof mengenai hasil kunjungannya ke Myanmar.

Menanggapi hal tersebut, menjelaskan keterlibatan Indonesia dalam upaya ASEAN untuk membantu Myanmar dalam menyelesaikan konflik internalnya tersebut.

Motegi menegaskan, pemerintah Jepang tetap mendorong upaya ASEAN, termasuk bantuan terhadap kegiatan Utusan Khusus ASEAN yang akan dilantik maupun bantuan kemanusiaan ke Myanmar dan yang sangat penting adalah pembebasan tahanan di Myanmar.

Selain itu, kedua Menlu juga bertukar pendapat mengenai kerja sama dalam penanganan pandemi Covid-19, maupun situasi kawasan termasuk Laut Cina Timur dan Laut Cina Selatan. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.