Menlu : Peacekeepers Indonesia Bagian dari Diplomasi

Sentul, Kabupaten Bogor, 9 Muharram 1438/10 Oktober 2016 (MINA) – Partisipasi pada Misi Pemeliharaan Perdamaian PBB () merupakan implementasi dari amanat alinea IV Pembukaan UUD 1945 untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia, sekaligus bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan politik luar negeri dan diplomasi Indonesia.

Demikian ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, dalam pembekalan pada Latihan Pratugas Satgas Batalyon Mekanis (Yonmek) Konga XXIII-K UNIFIL di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul, Kabupaten Bogor, Senin (10/10).

Khusus menyangkut UNIFIL, partisipasi Indonesia dalam misi ini merupakan bagian dari upaya mendukung terciptanya perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah, khususnya di Lebanon, sejalan dengan mandat yang ditetapkan oleh Dewan Keamanan PBB melalui Resolusi 1701 tahun 2006.

Pembekalan Menlu tersebut merupakan agenda rutin bagi personel atau pasukan TNI yang akan diberangkatkan sebagai peacekeepers (Pasukan Perdamaian) ke wilayah misi.

Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-K  beranggotakan 850 personel, termasuk 18 personel perempuan, dan rencananya akan bergabung dengan misi UNIFIL di Lebanon pada bulan Desember 2016.

Menurut laman resmi Kementrian Luar Negeri RI, Indonesia saat ini merupakan negara penyumbang personel terbesar di UNIFIL dengan 1.296 personel. Selain Indonesia, UNIFIL juga diperkuat oleh pasukan dari 40 negara.

Peacekeepers Indonesia harus menjauhkan diri dari tindakan dan perilaku yang dapat merusak citra baik peacekeepers PBB dan nama baik Indonesia, khususnya tindak sexual exploitation and abuse”, tambah Menlu Retno.

Menlu Retno secara khusus menyampaikan agar “Partisipasi peacekeepers perempuan di garis depan memberikan nilai tambah tersendiri bagi kontribusi Indonesia terhadap perdamaian dunia seraya memproyeksikan nilai-nilai pemberdayaan perempuan Indonesia yang tangguh dan pemberani”.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Luar Negeri RI juga telah melakukan pertemuan dengan Komandan PMPP TNI dan jajarannya dan berdialog dengan para personel Satgas Yonmek TNI. (T/P008/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.