Menlu RI Bahas Keamanan Perairan di Sabah

Jakarta, 8 Shafar 1438/8 November 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi melakukan pertemuan dengan Menteri Besar Sabah di Kota Kinabalu, Dato Musa Aman, pada Selasa ini (8/11).

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Besar Sabah juga didampingi Komandan Eastern Sabah Security Command (), Mayjen Wan Abdul Bari. ESSCOM adalah armada Malaysia yang bertanggung jawab atas keamanan di wilayah perairan Sabah, demikian laporan resmi Kementerian Luar Negeri yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Menlu RI menyampaikan keprihatinannya terhadap terulangnya kembali penculikan atas dua  yang bekerja di kapal penangkap ikan Malaysia pada 5 November 2016 lalu. Menlu juga mengulang kembali permintaan yang pernah disampaikan sebelumnya agar Pemerintah Malaysia memberikan jaminan keselamatan bagi sekitar 6.000 WNI yang bekerja di kapal-kapal penangkap ikan

Menanggapi permintaan Menlu, Menteri Besar maupun Komandan ESSCOM menyampaikan dapat memahami sepenuhnya keprihatinan tersebut. Keduanya mengakui adanya keperluan meningkatkan mekanisme pengamanan perairan yang ada saat ini.

Kedua pejabat juga akan menggunakan beberapa pendekatan baru antara lain dengan mewajibkan pemilik kapal melengkapi kapal dengan peralatan Automatic Identification System (AIS), melakukan sosialisasi langkah pengamanan pelayaran kepada majikan dan para ABK kapal, membangun mekanisme quick response yang lebih baik serta membuat safety point di sejumlah pulau kecil di sekitar perairan Sabah. (T/P007/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.