Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menlu RI: Belum Ada Jamaah Umrah Indonesia di Saudi yang Diminta Keluar

sajadi - Kamis, 27 Februari 2020 - 18:19 WIB

Kamis, 27 Februari 2020 - 18:19 WIB

3 Views

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, berdasarkan informasi sementara bahwa sampai Kamis (27/2), belum ada jamaah umrah Indonesia yang diminta keluar dari Arab Saudi terkait penghentian sementara ibadah umrah yang diberlakukan negara tersebut.

”Belum mendapatkan informasi, jadi semua perwakilan kita yang ada di Arab Saudi dan di wilayah Timur Tengah sekarang semuanya dalam posisi stand by, terutama yang ada di Jeddah, Riyadh,” kata Menlu saat ditanya tentang nasib jamaah yang sedang menjalankan umrah.

Sebelumnya, Menlu RI juga telah melakukan pembicaraan dengan Duta Besar (Dubes) Arab Saudi di Jakarta, Kamis siang, hasilnya bahwa kebijakan tersebut berlaku segera setelah diumumkan.

”Tentunya karena sifat kesegeraan ini kan ada dampaknya, dampak terhadap warga negara kita, karena pada saat diumumkan ada sebagian dari warga negara kita yang juga saya kira warga negara dari banyak negara yang sudah terlanjur terbang,” kata Menlu.

Baca Juga: Melek Mata Gandeng BAZNAS Ajak Masyarakat Ngopi Sambil Sedekah

Untuk itu, Menlu telah menyampaikan apakah dimungkinkan untuk yang sudah terbang dan akan segera mendarat dapat diperkenankan untuk umrah walaupun ada pemeriksaan-pemeriksaan kesehatan sesuai prosedur yang ada.

”Tetapi sekali lagi kita belum mendapatkan informasi per saya berangkat ke sini. Karena sekali lagi kalau dia memberlakukan itu kepada Indonesia berarti juga harus memberlakukan kepada negara lain. Tetapi saya kira permintaan kita cukup bisa dipahami karena mereka sudah terlanjur ada di dalam pesawat,” tambahnya.

Menurut menlu, kata penghentian sementara izin untuk melakukan ibadah umrah, beberapa kali ditekankan oleh Dubes Arab Saudi saat bertemu dengannya.

Menlu menyampaikan, Pemerintah Indonesia juga memahami bahwa kebijakan itu juga diambil demi menjaga kesehatan umat dalam konteks yang lebih besar.

Baca Juga: MUI Bekasi Tolak Acara ‘Rising The Queen’ yang Libatkan Kaum LGBT

”Jadi teman-teman tadi sudah dibahas juga dengan presiden, intinya pertama kita dapat memahami keputusan, kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah Arab Saudi untuk sementara,” jelasnya. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Mahasiswa Internasional Ikut UNINET Summer Camp di USK

Rekomendasi untuk Anda

Timur Tengah
Internasional
Timur Tengah
Internasional
Dunia Islam