Menlu RI Bertemu 62 WNI Korban Penyekapan di Kamboja

Foto: Dok Kemlu RI

Phnom Penh, MINA – Menteri Luar Negeri () Retno Marsudi Selasa (2/8) melakukan pertemuan dengan 62 Warga Indonesia (WNI) korban penipuan dan perdagangan manusia, yang bekerja pada perusahaan online scam di Sinhanoukville, Kamboja.

Menlu Retno berada di Kamboja dalam rangka menghadiri pertemuan Menlu Negara-Negara ASEAN.

Ke 62 WNI tersebut telah berada di Kedutaan Besar RI (KBRI) Phnom Penh sejak 1 Agustus 2022 dini hari.

KBRI Pnom Penh dibantu Kepolisian RI, saat ini tengah melakukan pendataan dan verifikasi terhadap para WNI tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu RI menekankan, keselamatan para WNI selalu menjadi prioritas Pemerintah. Retno juga menyampaikan, Kepolisian kedua negara sepakat untuk memperkuat kerjasama guna mencegah kejadian-kejadian serupa terulang kembali.

Menlu juga berpesan kiranya para WNI ikut membantu pemerintah untuk mengkampanyekan pencegahan perdagangan manusia dengan secara hati-hati mencermati tawaran pekerjaan yang diberikan, dengan iming-iming yang menggiurkan.

Para WNI menyampaikan terima kasih atas langkah penyelamatan yang telah dilakukan dan akan memberikan informasi selengkapnya kepada penyidik Polri untuk proses penegakan hukum terhadap pelaku perekrut di Indonesia.

Setelah proses pendataan dan wawancara selesai dilakukan, KBRI Pnomh Penh akan membantu administrasi keimigrasian dan menfasilitasi kepulangan ke Indonesia. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.