Menlu RI-Menlu Inggris Bahas Isu Myanmar, Afghanistan

Foto: Screenshot

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menerima kunjungan Secretary of State for Foreign, Commonwealth, and Development Affairs of the United Kingdom atau Menlu Inggris Elizabeth Truss di Jakarta, Kamis (11/11). Keduanya membahas sejumlah isu, termasuk soal dan Afghanistan.

“Tentang Afghanistan, kami berbagi pandangan yang sama tentang perlunya orang-orang Afghanistan untuk hidup di Afghanistan dengan damai, stabil, dan makmur,” ujar Menlu Retno dalam Konferensi Pers bersama secara virtual.

Menlu wanita pertama RI itu menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk melanjutkan dukungan dan terus berkomunikasi dengan negara-negara lain untuk mencari cara terbaik membantu rakyat Afganistan.

Sedangkan soal Myanmar, dan Menlu Inggris juga berbagi pandangan yang sama tentang perlunya membawa kembali demokrasi serta dalam menjamin keamanan serta kesejahteraan rakyat Myanmar.

Baca Juga:  Wapres Ma’ruf Amin: Jalin Semua Elemen Bangsa

“Kami menegaskan kembali pentingnya penerapan Lima Poin Konsensus dan memastikan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk rakyat Myanmar,” ujar Retno.

Sementara Menlu Inggris dalam kesempatan itu menekankan pentingnya stabilitas di Afghanistan dan memastikan rakyat Afghanistan menerima dukungan kemanusiaan yang mereka butuhkan.

Kami juga membahas Myanmar dan pentingnya mengembalikan demokrasi dan menerapkan Lima Poin Konsensus yang sudah disepakati. (L/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.