MENLU SAUDI BAHAS TRAGEDI MINA DI JAKARTA

Menlu Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubair seusai pertemuan bilateral bersama Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Selasa (20/10). Foto: Rina/MINA
Adel bin Ahmed Al-Jubair seusai pertemuan bilateral bersama Menlu di Jakarta, Selasa (20/10). Foto: Rina/MINA

Jakarta, 7 Muharram 1437/20 Oktober 2015 (MINA) – Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi dalam kunjungan ke Indonesia hari ini, Selasa (20/10), membahas berbagai isu yang berkaitan dengan hubungan kedua negara termasuk insiden baru-baru ini yang menimpa jamaah haji saat melakukan ibadah di Mina.

Kunjungan Menlu Adel bin Ahmed Al-Jubair ke Indonesia disambut langsung Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P Marsudi.

Pertemuan keduanya digelar di Gedung Pancasila, Kementrian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Selasa siang.

“Kami membahas berbagai isu terkait hubungan bilateral, termasuk tragedi Mina,” kata Menlu Retno seusai pertemuan bilateral.

Insiden sebelum lempar jumrah terjadi di Mina dalam rangkaian ibadah haji 2015, dan dengan korban mencapai angka 2.110 korban tewas dari 30 negara maka tahun ini dinyatakan sebagai tragedi Mina terburuk sepanjang sejarah.

Pemerintah RI mengirim tim identifikasi jenazah (DVI) untuk membantu Saudi. Menlu Adel mengatakan pihaknya menyambut baik sikap RI mengirim tenaga ahli untuk identifikasi jenazah.

Kendati ada Tragedi Mina, Adel meyakini hubungan baik dengan Indonesia akan berkelanjutan.

“Kami terus bekerjasama baik dengan Indonesia, melalui pendekatan ‘people to people‘. Kami berharap ke depan terus terjalin dengan baik,” kata Menlu Saudi.

Terkait bilateral, Retno menyinggung salah satu poin yang dibahas bersama Adel, yakni soal perdagangan dan investasi.

“Rencana membuka Bank Negara Indonesia di Jeddah, selain itu juga pembahasan terkait produk industri strategis,” ujar Retno. (L/R04/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0