Menlu Turki Panggil Dubes Saudi, Bahrain dan UEA Bahas Krisis Qatar

Ankara, 18 Ramadhan 1438/13 Juni 2017 (MINA) – Menteri Luar Negeri Mevlüt Çavuşoğlu memanggil Duta Besar Saudi, Bahrain danUni Emirat Arab (UEA) di Ankara, Senin (12/6/2017) untuk membahas krisis .

Dalam pertemuan itu, Turki mengharapkan pada Duta Besar Saudi Walid bin Abdul Karim El-Khereiji, dubes UEA Khalifa Shaheen Al-Marar dan Kuasa Usaha kKdubes Bahrain Komail Ahmed, supaya negara masing-masing mengakhiri blokade terhadap Qatar, demikian media setempat Yeni Safak melaporkan.

Menteri Çavuşoğlu menyampaikan harapan Turki dan masyarakat internasional, termasuk pembicaraannya dengan pejabat dari pihak ketiga terkait mengenai penyelesaian perselisihan diplomatik di kawasan Teluk melalui jalur dialog bersama.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Bahrain bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (10/6/2017).

Pada Ahad (11/6/2017) seorang pejabat Qatar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaannya kepada Turki yang telah memberi bantuan makanan yang dibutuhkan bagi warga di negaranya.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah dan warga Turki atas bantuan mereka. Kami tidak akan pernah melupakan dukungan ini,” ujar Saleh bin Mohammed Bin Hamad Al Sharqi, kepala Kamar Dagang Qatar.

Arab Saudi, UEA, Bahrain, Mesir dan Yaman mengumumkan pada Senin (5/6/2017) bahwa mereka telah memutus semua hubungan diplomatik dengan Qatar, dengan menuduh Doha mendukung terorisme.

Qatar membantah tuduhan tersebut dan menyebut tindakan tersebut tidak dapat dibenarkan. (T/RS2/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.